Makanan Ibu Hamil Trimester Ketiga Memudahkan Proses Persalinan

makanan ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Apa yang ibu butuhkan saat persalinan sudah hampir tiba? Tentunya makanan yang bisa membuat persalinan ibu lancar?

Dan ada makanan ibu hamil trimester ketiga yang seharusnya ibu konsumsi ketika sudah dekat waktu persalinan, yaitu makanan yang bisa membuat ibu yakin bisa melakukan persalinan secara normal.

Jika selama ini ibu sering mendengar cerita bawasannya semakin banyak ibu hamil yang melakukan persalinan melalui operasi caesar, ibu tidak perlu khawatir. Karena dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan untuk ibu hamil berikut ini, ibu akan sangat mungkin bisa melakukan persalinan secara normal dengan mudah.

Jenis Makanan yang Dibutuhkan

Ibu tahu apa yang bisa membuat persalinan bisa dilakukan secara normal? Yaitu ketika terjadi kontraksi secara alami.

Ada banyak ibu hamil yang ketika masa persalinan sudah tiba atau dalam kondisi tertentu mengharuskan agar persalinan dilakukan, dokter memberikan induksi. Induksi ini diperlukan agar terjadi kontraksi sehingga secara alami bayi di dalam kandungan ingin keluar.

Sayangnya, induksi ini sangat menyakitkan.

Untuk menghindari hal tersebut, akan lebih baik jika ibu mengkonsumsi makanan untuk ibu hamil trimester ketiga yang bisa menimbulkan kontraksi. Tentunya hal ini boleh ibu lakukan ketika masa persalinan sudah hampir tiba.

Jadi, makanan yang pada dasarnya bekerja seperti obat induksi lah yang ibu butuhkan. Makanan apa sajakah itu?

Makanan Menimbulkan Kontraksi

Ternyata, tidak mudah lho menemukan makanan yang bisa memberikan kontraksi. Salah satunya adalah sayuran yang salah bahannya adalah bawang putih.

Mengkonsumsi bawang putih yang digoreng secara langsung pun diperbolehkan. Akan tetapi, jika ibu tidak tahan dengan rasa dan baunya, ibu bisa membuat sayuran di mana salah satu bahannya adalah bawang putih.

Ada banyak pilihan kuliner nusantara yang bahannya menggunakan bawang putih seperti sayur bening bayam. Dan sayuran ini cocok untuk disantap di siang hari.

Selain itu, makanan yang pedas juga bisa ibu konsumsi untuk menimbulkan efek kontraksi lho. Hanya saja, jangan terlalu banyak makan makanan yang pedas ya bu. Dikhawatirkan makanan tersebut bisa mengganggu sistem pencernaan ibu.

Mungkin ibu pernah membaca tentang buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Salah satunya adalah buah nanas. Masih ingat kenapa ibu tidak boleh mengkonsumsi buah nanas saat hamil muda? Karena buah nanas menimbulkan kontraksi.

Saat persalinan sudah hampir tiba, justru mengkonsumsi buah nanas dianjurkan. Karena buah tersebut akan membuat induksi alami sehingga ibu bisa melahirkan secara normal dengan mudah.

Bagaimana dengan minuman? Ada juga minuman yang fungsinya sama. Salah satunya berupa minuman teh daun rasberi merah. Pasti sangat menyegarkan jika setelah makan dengan sayur bayam bumbu bawang putih, ibu minum teh daun rasberi merah.

Sekarang ibu sudah tahu pilihan makanan untuk ibu hamil trimester ketiga yang tepat, bukan?

Bagi ibu yang mendambakan melahirkan secara normal, ibu perlu perhatikan makanan-makanan tersebut di atas.

Setiap ibu hamil pasti ingin merasakan menjadi seorang ibu yang seutuhnya. Yaitu dengan cara melahirkan sang buah hati secara normal.

Dan asal ibu tahu, melahirkan secara normal itu jauh lebih baik daripada melahirkan melalui operasi Caesar. Karena luka persalinan Caesar bisa sembuh setelah beberapa bulan dan bahkan tahun. Berbeda jika ibu melahirkan secara normal. Rasa sakit hanya ibu rasakan dalam beberapa hari atau minggu saja.

Jadi, siapkan diri untuk menghadapi persalinan normal dengan cara mengkonsumsi makanan kehamlian trimester ketiga yang tepat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*