Kurma, Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

makanan sehat untuk ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Makanan sehat untuk ibu hamil adalah sebuah keharusan. Nutrisi yang terkandung pada makanan yang tergolong makanan sehat memang secara mutlak diperlukan oleh Ibu Hamil maupun janin yang dikandungnya. Banyak pilihan jenis makanan yang dikategorikan sehat untuk Ibu Hamil. Mulai dari beragam jenis sayuran seperti brokoli, bayam, dan wortel hingga jenis buah – buahan seperti pisang untuk penambah energi baik bagi si Ibu dan janin dalam kandungan.

Tapi, tahukah Ibu, bahwa selain jenis makanan lain yang tidak umum atau jarang dikonsumsi oleh para Ibu hamil. Keterbatasan pengetahuan terkait khasiat dari jenis makanan ini, membuat pamornya dikalangan Ibu hamil kurang begitu terlihat. Ya, makanan tersebut adalah Kurma. Buah yang berasal dari negara beriklim tropis ini memiliki khasiat yang dapat dikatakan menguntungkan baik dari segi Ibu maupun Anak.

Dengan dominasi ukuran kecil dan warna kecoklatan, buah kurma menyimpan segudang manfaat yang dapat membantu menjaga kesehatan dari Ibu, memperlancar proses persalinan, hingga jabang bayi yang dikandung akan menuai manfaat dari buah ini. Lalu, apa saja manfaat dari buah kurma bagi Ibu hamil dan bayinya, berikut ulasannya.

Memberi Energi Tambahan

Seperti yang diketahui, kebutuhan kalori dari Ibu Hamil akan mengalami penambahan sekitar 300 kalori dari jumlah kalori dari wanita dewasa pada umumnya yaitu sekitar 2500 kalori. Jumlah ini dapat berubah dan disesuaikan dengan berat beban dari bayi yang dikandungnya. Dengan penambahan kalori sejumlah demikian, diperlukan pasokan energi tambahan yang dapat memenuhi angka kebutuhan kalori rutin harian.

Sifat buah Kurma yang cenderung agak manis dan mengandung banyak glukosa, dapat merangsang pembentukan energi bagi si Ibu hamil untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Kandungan glukosa inilah yang akan dicerna oleh tubuh dan diproses untuk kemudian menjadi energi. So mum, jangan sampai lupa mengonsumsi kurma karena buah ini adalah jenis makanan sehat untuk Ibu Hamil yang bisa menjadi alternatif makanan sampingan yang baik untuk anda dan calon buah hati anda.

Menjaga Kesehatan

Tidak dapat dipungkiri, jenis makanan sehat apapun pasti memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan. Namun, buah kurma memiliki dua khasiat yang dapat menjaga kesehatan dari para Ibu Hamil yang rutin mengonsumsi buah Kurma. Maka tidak heran apabila buah kurma digolongkan sebagai makanan sehat untuk Ibu Hamil.

Yang pertama, menjaga kesehatan pencernaan. Hal yang umum terjadi pada seorang Ibu Hamil adalah gangguan pencernaan. Dengan mengonsumsi kurma dapat menjadi sebuah solusi preventif untuk menghindari terjadinya konstipasi ataupun gangguan pencernaan lain. Beragam kandungan vitamin dan mineral pada buah ini mudah diserap oleh pencernaan.

Kedua, kurma dapat mengatasi Anemia. Kandungan glukosa pada kurma dapat mengatasi anemia disamping dari menambah energi. Banyak dari Ibu Hamil mengalami anemia yang disebabkan oleh beragam faktor. Dengan asupan kandungan glukosa dari buah kurma dapat mengatasai beragam gejala anemia yang dialami oleh Ibu hamil tersebut.

Bermanfaat bagi Perkembangan Janin

Janin dalam seorang ibu hamil tentunya dipersiapkan untuk menjadi sebaik mungkin. Baik disini berarti tidak memiliki cacat dalam fisik maupun mental. Mengonsumsi buah Kurma selama masa kehamilan dapat menjadi sebuah tindakan preventif yang dapat mencegah hal – hal tersebut terjadi. Khasiat dalam buah kurma dapat menguatkan tulang. Secara fisik, tulang yang terbentuk pada bayi belum dapat sempurna sehingga diperlukan nutrisi pendamping untuk membantu proses pembentukan dan penguatan tulang bayi. Dan kurma dapat dijadikan pilihan.

Selain tulang, pembentukan gigi juga dapat didukung oleh buah kurma sebagai makanan sehat bagi Ibu hamil. Kandungan kalsium pada buah kurma dapat merangsang pertumbuhan gigi pda janin. Apabila menginginkan buah hati Ibu memiliki pertumbuhan gigi yang cepat, buah kurma sangat disarankan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Selain daripada itu, buah kurma sangat baik untuk merangsang saraf dari cabang bayi. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium yang secara umum meningkatkan rangsangan pada saraf. Kejutan rangsangan pada saraf selama masa kehamilan dapat meningkatkan kecerdasan otak dan menajamkan daya ingat dari calon buah hati para Ibu. Konsumsi kurma sebagai pilihan makanan sehat bagi Ibu Hamil akan membantu buah hati anda menjadi lebih tanggap dan cerdas saat telah lahir.

Dengan demikian, tidak dapat dipungkiri, disamping bentuknya yang tidak sedap dipandang, namun rasa manis yang pas dan kandungan vitamin dan mineral pada buah Kurma sangat cocok dikonsumsi dan dijadikan pilihan makanan sehat untuk ibu hamil. Selamat mencoba!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*