Konsumsi Makanan Ibu Hamil dan Patuhi Pola Makan yang Baik Agar Tidak Gemuk

makanan ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Makanan ibu hamil yang sehat saja tidak cukup untuk memastikan kesehatan janin terjaga selalu. Ibu harus memperhatikan pola makan juga. Sayangnya, sangat sedikit ibu hamil yang memperhatikan pentingnya mengatur pola makan namun lebih fokus mencari jenis makanan sehat untuk ibu hamil.

Apakah ibu juga melakukan hal tersebut? Jika ya, mulailah untuk lebih memperhatikan pola makan. Jenis makanan untuk ibu hamil yang enak dan sehat mudah sekali untuk didapatkan. Dan banyak makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa didapatkan di sekitar ibu. Jadi, ibu tidak perlu ambil pusing tentang jenis makanan. Yang jelas, terdapat nutrisi ibu hami yang terkandung di dalam makanan tersebut seperti zat besi, karbohidrat, vitamin, protein, kalsium, dan masih banyak lagi. Sekarang, ibu harus perhatikan pola makan yang baik agar ibu tidak mengalami masalah obesitas yang bisa mengganggu perkembangan janin.

Mengatur Pola Makan Ibu Hamil

Hal yang pertama yang harus ibu perhatikan adalah sarapan. Sayangnya, banyak ibu hamil yang lupa untuk sarapan, terutama mereka yang berprofesi sebagai wanita karir. Mungkin mereka sudah terbiasa tidak sarapan. Tapi, ketika masa hamil, ibu tidak boleh lupa sarapan.

Ada banyak alasan kenapa sarapan terlupakan. Takut terlambat di kantor dan tidak cukup waktu menyiapkan sarapan menjadi alasan yang sering diucapkan. Namun, jika ibu tidak ingin kelaparan dan akhirnya pada siang hari ibu harus mengkonsumsi makanan yang banyak yang sering mengakibatkan kegemukan, maka mulailah membiasakan sarapan. Ibu bisa siapkan makanan ibu hamil yang mudah dibuat seperti roti dan segelas susu.

Lebih Sering Makan

Selain harus sarapan, ibu juga harus lebih sering makan. Bukannya sering makan akan membuat kegemukan? Tentu saja akan membuat gemuk jika tidak tahu caranya. Pada saat kehamilan, ibu akan lebih cepat lapar karena nutrisi diserap oleh janin dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu harus sering makan.

Hanya saja, satu hal yang harus diperhatikan, yaitu porsi makanan harus sedikit. Lebih sering makan namun porsinya sedikit akan memberikan dua keuntungan sekaligus. Yang pertama, ibu tidak akan merasa kelaparan yang akan berakibat buruk bagi kesehatan janin. Yang kedua, ibu tidak akan mengalami kegemukan karena porsinya kecil.

Banyak Ngemil

Siapa bilang ngemil bisa membuat gemuk. Yang harus diperhatikan hanyalah jenis makanan yang dipilih sebagai cemilan. Jika cemilannya berupa makanan produksi pabrik yang mengandung banyak karbohidrat, tentu saja resiko kegemukan tinggi. Lain hal jika makanan yang dibuat untuk cemilan berupa buah-buahan. Hasilnya jelas beda.

Dalam hal ini, sangat disarankan agar ibu membawa pisang di manapun ibu berada. Pasalnya, pisang merupakan buah yang bernutrisi tinggi. Salah satunya adalah kalori. Jadi, dengan hanya mengkonsumsi satu buah pisang saja, maka ibu akan merasa kenyang karena kalorinya yang tinggi.

Jadi, apakah ibu merasa sudah melakukan pola makan yang baik seperti yang dijelaskan di atas? Jika belum, mulailah mempraktekkan karena sangat mudah sekali untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Dan yang jelas, mengkonsumsi makanan sehat saja tidak cukup untuk menghindarkan ibu dari masalah kegemukan saat hamil. Ibu juga harus memperhatikan pola makan yang baik agar kesehatan ibu dan janin terjaga. Menghindari masalah kegemukan akan membuat janin bisa lahir dalam keadaan sehat normal. Dan hal tersebut bisa ibu lakukan dengan cara menerapkan pola makan yang benar serta memilih secara selektif makanan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*