Konsultasi Kehamilan untuk membedakan antara Flek dan Darah Menstruasi

konsultasi kehamilan https://www.facebook.com/FrisoIndonesia

Konsultasi kehamilan mutlak diperlukan untuk memastikan apakah ibu benar-benar hamil atau tidak. Memang ibu bisa mengetes kembali dengan menggunakan alat tes kehamilan. Namun, apakah ibu yakin hasilnya akurat?

Oh ya. Ibu juga bisa mengetahui apakah ibu benar-benar hamil atau tidak dengan melihat apakah ada tetes darah pada celana dalam ibu atau tidak. Biasanya, tetes darah itu ada yang sering disebut flek yang menunjukkan bahwa seorang wanita ibu hamil.

Namun, sekali lagi pertanyaannya, apakah ibu yakin itu adalah darah pertanda ibu hamil? Apa jangan-jangan darah tersebut merupakan darah menstruasi?

Untuk mengetahui apakah ada janin di dalam kandungan atau tidak, ibu tetap harus melakukan konsultasi kehamilan pertama walaupun ibu sudah melakukan tes sendiri di rumah. Apalagi jika patokan yang ibu gunakan adalah bercak darah pada celana dalam. Ibu tidak tahu apakah itu flek atau darah menstruasi.

Perbedaan Flek dan Darah Menstruasi

Memang setiap wanita bisa membedakan sendiri apakah darah yang pada celana dalam itu darah flek atau darah menstruasi dengan cara melihat warna darahnya. Ada sedikit perbedaan antara warna darah flek dengan darah menstruasi.

Darah flek berwarna sedikit lebih gelap. Bisa saja warna darahnya cokelat. Itu artinya ibu tidak mengalami menstruasi rutin. Artinya, ibu kemungkinan besar sedang hamil. Namun, jika darah berwarna merah terang, berarti ibu sedang mengalami menstruasi.

Jika ibu melihat warna darahnya sedikit gelap, ibu pantas berbahagia karena ibu mungkin saja hamil. Untuk memastikan ibu hamil, ibu sebaiknya datang ke dokter kandungan untuk melakukan konsultasi kehamilan. Dokter kandungan akan melakukan tes USG untuk memastikan apakah ada janin di dalam rahim atau tidak.

Berbahayakan Flek?

Mungkin ibu pernah mendengar ada wanita hamil muda yang terkena flek justru harus istirahat total. Hal tersebut dikarenakan flek itu bisa mengakibatkan janin mengalami keguguran.

Jadi, apakah flek itu berbahaya?

Di satu sisi, flek merupakan pertanda bahwa seorang wanita sedang hamil. Pasalnya, darah flek yang keluar dari vagina seorang wanita itu dikarenakan adanya sel telur yang sedang dibuahi. Pada saat itu, terjadilah pendarahan kecil yang kemudian keluar melalui vagina yang disebut dengan flek.

Sementara itu, beberapa pakar kesehatan wanita hamil juga menjelaskan tentang flek ini dengan perspektif yang berbeda. Mereka mengatakan bahwa flek ini muncul karena hormone yang diproduksi oleh tubuh. Seperti yang ibu ketahui, ketika wanita hamil, maka produksi hormone semakin melimpah.

Oleh karena itu, sebenarnya flek merupakan satu dari beberapa tanda bahwa wanita itu hamil. Akan tetapi, konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan tetap saja diperlukan.

Pertanyaanya sekarang kenapa justru wanita hamil muda yang terkena flek harus istirahat total? Nah ini sisi lainnya. Menurut para ahli kesehatan wanita hamil, flek berubah menjadi lebih parah jika memicu iritasi pada rahim. Oleh masyarakat umum, mereka mengartikan flek ini menjadi penyebab janin dalam kandungan mengalami keguguran.

Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa felsk ini disebabkan oleh infeksi. Itulah mengapa ibu harus konsultasi ibu hamil ketika sudah merasa hamil namun muncul bercak darah pada celana dalamnya.

Jadi, intinya, ibu harus waspada dengan bercak darah yang ada pada celana dalam ibu. Apakah itu flek atau hanya darah menstruasi rutin? Kalaupun itu flek yang artinya ibu sedang hamil, pastikan flek tersebut tidak parah. Untuk itu, ibu harus segera konsultasi kehamilan.

Reference : https://www.ibudanbalita.com/artikel/flek-saat-hamil-muda

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*