Konsultasi Kehamilan tentang Penyakit Toksoplasma

konsultasi kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi kehamilan itu sangat diperlukan sekali jika ibu terjangkit penyakit Toksoplasma karena sepertinya hanya ahli medis, khususnya ahli kandungan saja yang bisa memberikan treatment yang tepat ketika penyakit toksoplasma menyerang ibu.

Namun, setidaknya ibu harus tahu apa itu Toksoplasma, apa penyebabnya dan apa dampak buruk yang bisa terjadi kepada ibu hamil. Untuk itu, ibu bisa ikuti penjelasan selengkapnya berikut ini.

Penyebab Toksoplasma

Banyak sekali yang mengira bahwa penyakit Toksoplasma ini dikarenakan oleh bulu kucing. Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa bulu kucing bisa terhirup dan akhirnya membuat wanita hamil terkena tokso.

Anggapan tersebut memang tidak salah namun juga tidak sepenuhnya benar. Saat ibu konsultasi ibu hamil dengan dokter kandungan, silakan ibu cross check apakah hanya kucing saja yang bisa mengakibatkan penyakit Toksoplasma. Ternyata, tidak hanya kucing saja lho yang bisa menyebabkan penyakit yang satu ini. Hewan lain juga bisa seperti anjing, kambing, ayam, dan jenis hewan lainnya. Jadi, jangan anggap hanya hewan piaraan berupa kucing saja yang bisa mengakibatkan penyakit Toksoplasma.

Namun, bukan pula bulu kucing yang menyebabkan penyakit Toksoplasma, melainkan protozoa. Protozoa ini dibawa oleh hewan seperti kucing, kambing, ayam, dan juga anjing. Dan harus dipahami bahwa hampir semua hewan terinfeksi Toksoplasma.

Itulah mengapa ibu hamil sangat disarankan untuk menjauhi beberapa hewan, khususnya hewan piaraan seperti kucing agar resiko terkena penyakit tokso bisa diminimalisir. Namun, bagaimana jika ibu memiliki binatang piaraan seperti kucing di rumah?

Bukan berarti ibu harus terpisah dengan binatang piaraan. Setidaknya, ibu harus benar-benar menjaga kesehatan binatang piaraan agar tidak ada protozoa berupa Toksoplasma yang berkembang pada tubuh hewan tersebut yang mengakibatkan ibu juga terkena Toksoplasma.

Bahaya Toksoplasma

Apakah ibu sudah melakukan konsultasi kehamilan pertama? Jika belum, segeralah untuk berkonsultasi untuk memastikan ibu tidak terkena penyakit Toksoplasma. Pasalnya, penyakit ini akan sangat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan.

Beberapa kasus terjadi di mana bayi lahir dalam keadaan cacat bukan dikarenakan kekurangan nutrisi tetapi penyakit Toksoplasma menyerang ibu hamil. Namun, ibu hamil tidak menyadari hal tersebut sehingga baru ketahuan ketika bayi sudah lahir dalam keadaan cacat.

Itulah mengapa penting sekali melakukan konsultasi kehamilan sedini mungkin mulai ketika masa kehamilan trimester pertama. Ibu bisa minta dokter kandungan untuk melakukan tes laboratorium untuk deteksi dini penyakit Toksoplasma.

Setelah ibu sudah yakin memang tidak ada Toksoplasma dalam tubuh ibu, bukan berarti ibu harus tenang-tenang saja. Jika ibu memiliki binatang piaraan seperti kucing di rumah, ibu harus bekerja lebih keras untuk memastikan binatang piaraan ibu tersebut tidak menyebarkan Toksoplasma.

Selain itu, ibu harus benar-benar menjaga kesehatan. Usahakan untuk cuci tangan dengan sabun setiap kali sebelum makan. Hindarilah mengkonsumsi makanan yang tidak benar-benar diolah secara matang seperti sate. Daging yang disate sebenarnya belum benar-benar matang. Alangkah lebih baik jika ibu memilih daging yang direbus dengan air yang sangat mendidih.

Namun, yang paling penting adalah ibu harus tahu bagaimana merawat binatang piaraan dan bagaimana ibu berinteraksi dengan binatang tersebut. Ingat, ibu sedang hamil dan bisa saja ibu terkena Toksoplasma karena berinteraksi dengan binatang piaraan. Jika memang ibu tidak bisa lepas dari binatang kesayangan, ibu harus cek kesehatan dengan dokter kandungan secara rutin karena tidak ada cara lain untuk memastikan ibu tidak diserang Toksoplasma selain melakukan konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*