Konsultasi Kehamilan Segera Jika Ibu Terkena Wasir

konsultasi kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Konsultasi kehamilan bisa menjadi langkah paling tepat jika ibu merasakan perih pada bagian anus. Rasa perih tersebut bisa saja wasir. Ini merupakan salah gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil, terutama ketika masa kehamilan sudah tua.

Bagaimana penyakit tersebut bisa menyerang ibu hamil? Dan apa bahaya yang mungkin terjadi ketika wasir ini tidak segera ditangani? Berikut informasi selengkapnya.

Penyebab Wasir pada Ibu Hamil

Masyarakat awam menyebut wasir dengan ambein. Memang sekilas penyakit ini tidak berbahaya. Akan tetapi, bagi ibu hamil, penyakit ini harus segera disembuhkan.

Wasir ini disebabkan adanya pertumbuhan janin yang semakin besar dan semakin berat. Pada kondisi ini, janin akan menekan pembuluh darah di bagian panggul ibu. Jika hal ini sering terjadi, maka sirkulasi darah akan terganggu. Tekanan darah semakin meningkat pada daerah rahim sehingga pembuluh darah pada rectum membengkak.

Itulah penjelasan medis bagaimana wasir itu muncul. Untuk itu, ibu harus konsultasi kehamilan ketika masa kehamilan tua. Pasalnya, pada masa kehamilan tua, berat janin meningkat sehingga resiko terkena wasir semakin tinggi.

Jika tidak segera menemui dokter untuk mendapatkan nasehat secara medis untuk meredakan wasir, bisa saja bahaya lain muncul.

Bahaya Wasir pada Ibu Hamil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, wasir sangat mungkin dialami oleh ibu hamil, terutama ibu hamil tua. Akan tetapi, tahukah ibu apa bahaya yang akan terjadi jika wasir tidak segera ditangani?

Sebenarnya, efek buruk wasir ini bisa langsung dirasakan oleh ibu hamil, kegiatan sehari-hari terganggu karena tidak nyaman ketika beraktivitas. Bahkan, ketika ibu istirahat dengan cara duduk di atas kursi atau tiduran di kasus pun terasa perih pada bagian anus.

Konsultasi kehamilan gratis juga bisa ibu lakukan jika nyeri tidak begitu menyakitkan. Ada forum online di mana ibu hamil bisa mengkonsultasikan masalah kesehatan apa saja yang berkaitan dengan kehamilan. Di forum tersebut, ibu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan. Di sana juga ibu bisa mendapatkan masukan dari ibu hamil lainnya yang mungkin pernah mengalami wasir.

Bahaya lain yang mungin terjadi adalah ibu tidak bisa melahirkan bayi ibu secara normal. Setiap ibu hamil pasti ingin merasakan menjadi 100% seorang ibu dengan cara melahirkan sang buah hati secara normal. Hanya saja, jika ibu mengalami wasir, dokter tidak akan mengijinkan ibu melakukan persalinan normal. Pasalnya, dengan melahirkan normal, penyakit wasir ibu semakin parah. Dan jika itu terjadi, penyakit wasir menjadi sangat sulit untuk disembuhkan. Dalam beberapa kasus, wasir yang parah hanya bisa disembuhkan dengan cara operasi.

Tentu saja ibu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Untuk itu, sedini mungkin, ibu harus melakukan pencegahan. Jika merasa sedikit perih dan ibu merasakan itu adalah wasir, segera lakukan konsultasi ibu hamil dengan dokter untuk memastikan apakah itu wasir atau tidak. Jika ya, ibu harus meminta penanganan khusus agar wasir tidak semakin buruk.

Bagi ibu yang sedang menghadapi masa persalinan yang mungkin tinggal beberapa hari, sebaiknya konsutasikan masalah wasir dengan dokter agar sebisa mungkin wasir tersebut bisa disembuhkan. Hal tersebut dibutuhkan agar ibu bisa melakukan persalinan secara normal.

Jadi, jelas sudah wasir itu bukan penyakit yang patut untu disepelekan. Bagi ibu hamil, wasir akan mengganggu aktivitas setiap hari serta sangat mungkin ibu tidak bisa melahirkan secara normal. lalu, kapan ibu akan lakukan konsultasi kehamilan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*