Konsultasi Ibu Hamil Untuk Mengenali Adanya Cacat Bawaan Pada Janin

konsultasi ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi ibu hamil itu bisa dilakukan dengan bidan atau dokter spesialis kandungan. Keduanya memang memiliki kualifikasi yang berbeda dalam segi keilmuan. Akan tetapi, keduanya memiliki kapabilitas yang sama untuk memeriksa kesehatan ibu hamil dan juga janin di dalam kandungan.

Akan tetapi, jika ibu ingin tahu lebih detail tentang kesehatan janin, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Pasalnya, dokter kandunganlah yang memiliki hak untuk mengoperasikan USG, mesin untuk mengetahui perkembangan janin.

Apa manfaat dari USG? Tentu saja banyak. Secara spesifik, tes USG ini bisa mendeteksi jika terdapat cacat bawaan pada janin. Setiap ibu pasti ingin bayinya lahir dalam keadaan sehat, tidak terkecuali ibu sendiri. Oleh karena itu, dengan memeriksakan kesehatan ke dokter kandungan dan menjalani tes USG, maka adanya gangguan atau potensi cacat bawaan bisa diatasi. Jika terdapat tanda-tanda tersebut, dokter akan segera mengambil tindakan dengan memberikan treatment yang diperlukan.

Beberapa kasus di mana bayi lahir dengan kondisi cacat bawaan terjadi karena tidak rutin memeriksakan kesehatan kehamilan. Sebenarnya tidak salah jika memilih berkonsultasi dengan bidan. Hanya saja, pada kondisi tertentu, ibu sebaiknya konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan agar mendapatkan tes USG sehingga gangguan yang mungkin terjadi pada janin bisa diketahui sedini mungkin. Jadi, jangan sepelekan masalah konsultasi ibu hamil.

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*