Konsultasi Ibu Hamil tentang Kantuk yang Tak Tertahankan Di Siang Hari

konsultasi ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi untuk ibu hamil tidak harus hal-hal yang berat seperti keluhan diabetes, pusing, atau morning sickness. Ibu juga bisa tanya seputar hal-hal sepele. Seperti contoh, ibu bisa mengkonsultasi tentang kenapa ibu hamil sering merasa ngantuk di sore hari.

Tidak aneh jika ibu hamil sering mengantuk di siang hari. Namun, apakah ibu tahu apa penyebabnya? Berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Rasa Kantuk Ibu Hamil

Sebenarnya ada juga ibu hamil yang bukan karena kehamilan membuat mereka sering mengantuk di siang hari, melainkan sudah biasanya mereka mengantuk. Untuk masalah yang satu ini, ibu tidak bisa mencegah.

Akan tetapi, jika ibu merasa mengantuk lebih berat daripada ketika sebelum hamil, maka itu sangat wajar. Produksi hormon progesteron yang lebih tinggi ternyata tidak hanya menimbulkan mual dan muntah atau yang sering disebut dengan morning sickness. Akan tetapi, produksi hormon tersebut juga menyebabkan ngantuk.

Menurut pakar medis, tingginya produksi hormon progesteron tersebut mengakibatkan tubuh mudah lelah sehingga yang terjadi adalah rasa kantuk yang datang. Jadi, ibu hamil akan merasa ngantuk lebih parah daripada ketika sebelum hamil.

Lebih dari itu, produksi hormon tersebut juga mengakibatkan insomnia. Ujung-ujungnya, ibu akan mengantuk di siang hari. Jika ibu sering mengalami insomnia, maka sebaiknya ibu konsulatasi dengan dokter kandungan. Konsultasi ibu hamil diperlukan agar insomnia bisa ditangani sehingga tidak mengganggu kesehatan ibu hamil. Betapun hebat tubuh ibu, kesehatan ibu semakin hari semakin drop jika setiap malam harus terjaga lantaran insomnia. Apalagi ketika di siang hari, ibu harus memacu energi langsung untuk bekerja. Sudah dipastikan kesehatan ibu akan menurun.

Itulah mengapa konsultasi untuk ibu hamil itu penting. Namun, bukan berarti hal-hal yang penting saja yang dibicarakan dengan dokter ketika konsultasi. Ibu juga bisa bertanya hal-hal sepele seputar kehamilan.

Cara Mengusir Kantuk Saat Hamil

Apakan ibu boleh mengkonsumsi kopi? Sayangnya, minuman berupa kopi ini tidak disarankan lantaran mengandung kafein tinggi. Jika ibu memerlukan minuman yang mengandung kafein agar tidak mengantuk di siang hari, ibu bisa membuat teh. Pasalnya, teh juga mengandung kafein. Hanya saja, kandungan kafein dalam teh sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Selain itu, ibu juga bisa menyiapkan cemilan. Mengkonsumsi cemilan bisa membuat tubuh ibu kembali segar sehingga tidak merasa ngantuk. Jika ibu bekerja di kantor, jangan lupa menyediakan cemilan sehat seperti kacang. Kacang tidak hanya sehat karena kandungan protein tapi juga mengusir kantuk. Yang jelas, ibu harus memilih cemilan sehat yang tidak mengandung penyedap rasa atau zat berbahaya lainnya. Cemilan harus mengandung nutrisi ibu hamil.

Tentu saja ada hal-hal sepele lainnya yang bisa ibu tanyakan kepada dokter kandungan ketika ibu berkonsultasi kehamilan. Jika kurang jelas, ibu bisa konsultasi online. Dengan hanya mengandalkan laptop yang terhubungan dengan internet, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan. Temukan forum konsultasi di dunia maya yang dikelola oleh tenaga kesehatan profesional agar ibu mendapatkan informasi penting yang ibu perlukan seputar kehamilan.

Di forum tersebut, ibu juga bisa berinteraksi dengan para anggota forum lainnya yang notabene adalah seorann ibu hamil juga. Jadi, sangat menyenangkan bisa berbagi dengan rekan ibu hamil lainnya. Yang jelas, jangan hanya bertanya tentang hal-hal yang besar saja. Ibu juga bisa bertanya tentang hal-hal yang remeh temeh ketika konsultasi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*