Ketahui 7 Fakta Penyebab Ketiak Hitam

penyebab ketiak hitam

Permasalahan terkait ketiak yang menghitam kerap menjadi penyebab seseorang menjadi tidak percaya diri. Beberapa hal yang menjadi faktor penyebab ketiak hitam terkadang sering Kamu lakukan secara tidak sadar. Menghitamnya kulit ketiak berbeda dengan kulit lain pada tubuh yang biasanya menghitam karena bekas luka atau terbakar matahari. Ini 7 penyebab ketiak hitam.

  1. Mencukur Bulu Ketiak

Kebiasaan mencukur rambut ketiak merupakan penyebab umum ketiak menjadi menghitam. Folikel rambut akan tetap terlihat di bawah permukaan ketiak karena mencukur tidak bisa mencabut rambut ketiak hingga ke akarnya. Folikel rambut di bawah permukaan kulit itulah yang membuat kulit ketiak Kamu terlihat lebih gelap.

Ketiak menghitam juga disebabkan oleh faktor penggunaan krim pencukur. Krim pencukur rambut pada umumnya mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan menghitamnya kulit hingga iritasi. Kulit yang mengalami iritasi dapat memicu produksi melanosit yang berlebihan.

Melanosit merupakan sel penghasil pigmen warna alami kulit. Produksi melanosit pada kulit Kamu akan menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi yang membuat perubahan warna pada ketiak, pangkal paha, selangkangan, dan area leher menghitam. Bagi Kamu yang sering mencukur bulu ketiak, sebaiknya mandi air hangat terlebih dahulu saat hendak mencukur agar kulit ketiak tidak mudah iritasi. Setelah itu, jangan lupa pakai NIVEA Whitening Happy Shave Deodorant Roll On untuk mencegah kulit ketiak jadi hitam setelah mencukur.

  1. Infeksi Bakteri

Jenis bakteri yang umumnya dapat menyebabkan ketiak menghitam adalah bakteri corynebacterium minutissimum. Terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri corynebacterium minutissimum, menyebabkan adanya bercak coklat kemerahan yang sedikit bersisik dengan batas yang tegas.

Bakteri ini biasanya tumbuh subur jika Kamu menghasilkan banyak berkeringat, tinggal di lingkungan yang lembab, kurang menjaga kebersihan tubuh, atau menderita penyakit tertentu, seperti diabetes dan obesitas. Infeksi bakteri ini biasanya ditKamui dengan munculnya rasa gatal.

  1. Pakaian Terlalu Ketat

Penggunaan pakaian yang ketat umumnya dapat menimbulkan banyaknya gesekan pada bagian tubuh tertentu. Selain itu sirkulasi udara di daerah ketiak akan menjadi terhambat. Keringat berlebih tertahan karena pakaian yang terlalu ketat. Hal tersebut yang menjadi penyebab ketiak hitam.

Gesekan antara baju dan juga ketiak akan membuat keringat semakin terjebak dan kulit menjadi susah bernafas. Sebaiknya hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat dalam aktivitas keseharian Kamu jika dinilai tidak terlalu perlu. Penampilan memang jadi hal yang penting, namun kenyamanan dan juga kesehatan tubuh tetap harus menjadi hal utama yang perlu Kamu perhatikan.

  1. Sedang Masa Kehamilan

Tak jarang ibu hamil dapat mengalami kondisi perubahan atau gangguan kulit, dan salah satunya adalah kulit ketiak hitam. Perubahan warna kulit pada ibu hamil kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin.

Kondisi perubahan warna kulit ketiak pada masa kehamilan merupakan masalah musiman yang tidak hanya menyebabkan warna kulit tidak merata, tetapi juga menghitamnya ketiak, hidung, dan bibir atas. Jika Kamu mengalami ketiak hitam saat hamil Kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasinya.

Seperti lidah buaya, sifat antibakterinya dapat menenangkan kulit yang meradang dan mencerahkan ketiak yang gelap. Warna kulit yang menghitam pada ibu hamil biasanya akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

  1. Penumpukkan Sel Kulit Mati

Perawatan yang kurang baik akan menyebabkan sel-sel kulit ketiak menjadi kering bahkan hingga pecah-pecah. Kulit pecah-pecah ini biasa dikenal sebagai sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati pada ketiak termasuk menjadi penyebab ketek hitam. Sel kulit mati biasanya muncul dari keringat berlebih yang tidak langsung dibersihkan.

Disarankan melakukan eksfoliasi kulit ketiak untuk Kamu mengatasi hal semacam ini. Eksfoliasi dapat dilakukan sekali dalam seminggu. Dengan eksfoliasi yang benar sel-sel kulit mati yang berwarna lebih gelap daripada sel-sel kulit sehat di bawahnya dapat terangkat.

  1. Kondisi Hiperpigmentasi Kulit

Salah satu kelainan hiperpigmentasi pada kulit adalah kondisi dimana permukaan kulit ketiak yang terlalu hitam. Kondisi semacam ini merupakan salah satu gejala dari penyakit Addison yang terjadi ketika kelenjar adrenalin tidak berfungsi dengan baik. Sel dalam tubuh yang gagal memproduksi hormon kortisol dan aldosteron menyebabkan terjadinya kondisi semacam ini.

Hormon kortisol dalam tubuh berfungsi mengatur metabolisme karbohidrat, protein dan lemak sedangkan hormon aldosteron merupakan hormon tubuh yang mengontrol tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh dalam jumlah yang mencukupi. Jika Kamu mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

  1. Faktor Genetik

Faktor genetik yang dapat menyebabkan ketiak menghitam salah satunya adalah penyakit keturunan. Kulit ketiak yang menghitam bisa disebabkan oleh penyakit yang disebut Acanthosis Nigricans (AN). Pada umumnya penyakit AN ini berhubungan erat dengan faktor keturunan.

Bila terdapat riwayat AN pada keluarga Kamu, maka dimungkinkan Kamu akan lebih berisiko mengalami kondisi tersebut. Orang dengan kondisi AN akan mengalami penebalan kulit dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap.

Perubahan warna kulit tidak hanya pada bagian ketiak, tapi juga bisa di leher, wajah, tubuh, perut, lengan, dan sekitar pangkal paha. Acanthosis nigricans dapat disebabkan oleh obesitas, penyakit diabetes, penyakit gangguan hormon, hingga efek samping obat-obatan yang dapat mempengaruhi hormon, seperti pil KB dan kortikosteroid.

Apabila kemunculan gejala semakin berat dalam waktu cepat, maka acanthosis nigricans  mungkin berkaitan dengan penyakit kanker, seperti kanker lambung dan kanker hati. Penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengobati penyebab atau akar masalahnya. Untuk ketiak hitam yang disebabkan oleh kelainan hormon, maka gunakanlah obat-obatan untuk memperbaiki kadar hormon.

Inilah 7 fakta mengenai penyebab ketiak hitam. Jika kondisi ketiak hitam membuat Kamu merasa terganggu atau tidak nyaman, Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit, agar dapat diberikan penanganan yang tepat. Selain itu untuk menjaga kulit ketiak agar tetap cerah dan halus Kamu bisa menggunakan NIVEA Extra Whitening Deodorant Roll On atau NIVEA Whitening Antibakteri Deodorant Roll On yang efektif membunuh bakteri penyebab bau badan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*