Kendalikan Biang Keringat pada Si Kecil dengan Cara Merawat Kulit Bayi yang Tepat

cara merawat kulit bayi https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia/

Cara merawat kulit bayi sangat tepat untuk diketahui bagi anda yang saat ini sedang membesarkan seorang bayi. Untuk perihal kulit, bayi memang cukup sering berurusan dengan hal tersebut. Kulit bayi yang sensitif dan sering terkena masalah mulai dari yang ringan hingga yang agak cukup berat.

Bagi anda orang dewasa, pasti merasa tidak nyaman jika ada masalah kulit sekecil apapun pada diri anda karena hal tersebut menurunkan kepercayaan diri dan rasa nyaman selama beraktifitas. Hal tersebut tentunya juga berlaku pada buah hati anda, terlebih mereka belum mampu untuk mengurus segalanya secara mandiri.

Disini, diperlukan perhatian anda terkait perawatan bayi untuk memaksimalkan kenyamanan dirinya. Oleh karena itu, cara merawat kulit bayi adalah salah satu dari sekian banyak perawatan khusus bayi yang bisa sedini mungkin anda coba untuk menghindari dan menyelesaikan berbagai permasalahan kulit pada si kecil.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi oleh bayi anda adalah biang keringat. Biang keringat atau heat rash ditandai dengan tanda kemerahan berukuran kecil pada area sekitar kulit bayi terutama area lipatan kulit, dada, perut, dan leher. Pada area kulit bayi yang terang, biang keringat ini terlihat sangat mudah. Permasalahan kulit ini sering terjadi pada anak – anak khususnya pada bayi berusia 0 hingga 12 bulan.

  • Kenali Penyebab Biang Keringat

Masalah biang keringat tejadi karena kurang terjaganya kebersihan dari kulit si kecil dan tidak tepatnya penerapan dari cara merawat kulit bayi yang selama ini anda lakukan. Sedangkan dari sudut pandang medis, bayi dan anak kecil sering terkena biang keringat karena pori – pori kulit mereka cenderung lebih kecil dari orang dewasa kebanyakan.

Biang keringat umumnya terjadi pada siang hari atau dalam keadaan panas dan udara yang lembab. Selain daripada itu, biang keringat juga bisa diterjadi pada area dada yang telah diberikan salep saat bayi sedang batuk. Alih – alih membuatnya menjadi lega, justru menghambat pernapasan kulit bayi karena pori – pori tersumbat sehingga air keringat yang di produksi tertahan di kulit.

Meskipun begitu, ternyata biang keringat tidak sepenuhnya menakutkan dan merugikan. Jenis penyakit ini di golongkan sebagai penyakit kulit dengan tingkat keseriusan yang rendah. Biang keringat secara nyata menyebabkan kulit si kecil menjadi sangat gatal dan menjadi sangat rawan untuk di sentuh saat kulit telah teriritasi.

  • Mengendalikan Biang Keringat

Cara merawat kulit bayi yang terkena biang keringat adalah mengajak bayi anda dalam kondisi udara yang tidak lembab dan relatif tidak panas atau dingin. Anda pun bisa melepaskan pakaian si kecil dan memindahkannya pada ruangan yang banyak udara.

Selain itu, ketika si kecil sedang memproduksi banyak keringat, anda bisa meletakkannya pada sebuah handuk lembut untuk menyerap keringatnya sebanyak mungkin. Tetapi cara tersebut harus dibarengi dengan meletakkan bayi anda pada area yang banyak udara untuk membuat sirkulasi udara dengan kulit terjadi dengan baik.

Hal yang perlu di ingat selanjutnya adalah jangan menggunakan krim atau salep pada area kemerahan penyebab biang keringat. Hal ini disebabkan, kandungan dari salep atau krim tersebut membuat pori – pori kulit terhambat. Biang keringat tidak hanya terjadi pada siang hari, saat malah hari dan udara terasa panas, bayi anda juga bisa saja terbangun ditengah – tengah tidur karena rasa gatal dari biang keringat tersebut.

  • Mencegah Biang Keringat

Untuk lebih lanjut, anda pun bisa mencegah biang keringat terjadi pada kulit bayi anda. Biang keringat bukanlah masalah kulit yang rumit, namun meskipun demikian, anda juga harus mencegah sebelum terjadi pada buah hati anda.

Selain menerapkan cara merawat kulit bayi, anda bisa mendukungnya lewat tindakan berikut ini yaitu diantaranya :

  1. Pastikan anda memilih pakaian yang mudah menyerap keringat dengan bahan halus seperti katun
  2. Andapun harus memerhatikan sirkulasi udara pada ruangan, artinya jangan membuatnya terlalu panas atau dingin. Buat suasana ruangan senyaman mungkin.
  3. Jangan lupa untuk menerapkan cara memandikan bayi yang benar secara rutin setidaknya 2 kali sehari untuk memastikan kulit bayi senantiasa bersih dan terhindar dari berbagai noda.

Baik moms, itu tadi sekelibat informasi tentang biang keringat mulai dari penyebab, cara untuk mengatasinya, hingga cara untuk mencegahnya. Selain, berfokus pada tumbuh kembang bayi lewat sajian atau asupan kaya nutrisi, anda pun harus memberikan perawatan bayi secara maksimal lewat penerapan cara merawat kulit bayi. Selamat mencoba!

2 Comments on Kendalikan Biang Keringat pada Si Kecil dengan Cara Merawat Kulit Bayi yang Tepat

  1. makasih.
    artikelnya sangat mudah dipahami dan membantu saya agar janin yang saya kandung mempunyai kulit putih bersih,
    kan lucu dan ngegemesin kalao punya debay yang imut putih
    kira-kira apakah kalo genetik orangtua berkulit coklat juga berhasil ?

  2. Hi Hamiplus…

    Salam kenal.

    Kalau secara genetik memang berkulit coklat, tentu tidak akan menjadi putih seperti bayi yag secara genetik memang berkulit putih. Tetapi, jika dirawat dengan baik dan benar akan nampak fresh dan bersih 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published.


*