Kenapa Si Kecil Sulit Sekali Belajar Jalan? Mungkin Ini Penyebabnya

belajar jalan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Belajar jalan memang tahap perkembangan balita yang paling sulit. Pasalnya, di tahap ini, segala potensi fisik maupun saraf si kecil harus benar-benar optimal. Jika belum benar-benar berkembang, entah fisik maupun saraf, balita akan sulit sekali melangkahkan kaki dan mulai belajar berjalan.

Jika balita ibu mengalami kesulitan dalam berjalan, padahal balita sebaya sudah mulai berdiri dan berjalan sendiri, perhatikan perkembangan fisiknya. Para ahli kesehatan anak paham betul kenapa banyak balita yang telat berjalan. Kebanyakan, balita tersebut memiliki masalah dengan kesehatan fisik. Tulang kakinya belum kuat betul untuk menopang berat badannya sehingga ia bisa berdiri dan berjalan. Oleh karena itu, ibu tidak boleh memaksakan si kecil untuk berjalan jika memang belum bisa. Berikan stimulus seperti mengajak berjalan dengan bantuan kedua tangan ibu. Lambat laun, tulang kakinya akan kuat dan balita ibu akan mulai berjalan sendiri.

Di satu sisi, mungkin saja perkembangan sarafnya yang kurang optimal. Perkembangan balita seperti belajar berjalan dan juga belajar berbicara itu dipengaruhi oleh saraf. Bagaimana ia berjalan dan berbicara itu dipengaruhi oleh saraf yang memerintah kaki untuk berdiri dan melangkah atau mulut untuk menirukan kata.

Yang jelas, perkembangan fisik maupun saraf setiap balita itu berbeda. Yang bisa ibu lakukan hanya memberikan support, berupa selalu memberikan makanan yang bergizi serta memberikan stimulus agar anak mulai mau belajar jalan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*