Kenapa Ragu Deteksi Perkembangan Janin Menggunakan USG

perkembangan janin https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin itu harus dipantau secara rutin. Setiap ibu hamil bisa memeriksakan kondisi janin dalam kandungan dengan cara datang ke tempat praktek dokter kandungan dan ibu akan mendapatkan pemeriksaan USG.

Akan tetapi, ada yang ragu dengan hasil dari tes USG. Memang sebagai orang awam, ibu tidak tahu persis setiap organ dari janin ketika dilakukan tes USG, apalagi jika usia janin masih sangat muda sekali. Sekalipun ibu ditunjukkan gambarnya, rasanya sulit untuk menentukan mana organ tubuh bayi yang ada di dalam kandungan.

Pemeriksaan USG 4D

Jika ibu juga termasuk dari sekian banyak ibu yang ragu dengan pemeriksaan USG, kini ibu tidak akan ragu lagi karena sudah ada alat USG yang canggih, yaitu USG 4D. Memang lebih canggih. Dengan mesin USG terbaru ini, ibu bisa mengamati sendiri perkembangan janin karena hasil gambarnya sangat jelas. Orang awampun bisa melihat.

Untuk janin yang sudah berusia 6 bulan, tentu saja semakin kelihatan organ-organ tubuhnya. Pada saat perkembangan janin 6 bulan, bayi dalam kandungan sudah bisa bergerak, menggerakkan kaki dan juga tangannya.

Masih ragu dengan pemeriksaan USG? Mungkin, pada suatu saat nanti, ada ada mesin USG yang lebih canggih di mana ibu bisa melihat janin secara lebih jelas. Namun, untuk saat ini, rasanya USG 4D sudah cukup membantu agar ibu bisa melihat secara langsung perkembangan janin.

Pemeriksaan USG di Bidan

Apakah ada pemeriksaan USG jika ibu konsultasi kehamilan di bidan? Sebenarnya bidan tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pemeriksaan USG. Hanya dokter kandungan lah yang memiliki hak untuk melakukan pemeriksaan tersebut. Dokter sudah mendapatkan pendidikan dan kualifikasi untuk melihat perkembangan janin melalui atas USG. Sementara itu, bidan tidak memiliki kualitifikasi tersebut.

Kalaupun ibu pernah melihat bidan yang memiliki alat USG, sebaiknya ibu tidak terlalu percaya. Pertama, bidan tidak mendapatkan pendidikan khusus untuk menerangkan hasil USG. Yang kedua, bidan tidak mendapatkan hak untuk melakukan praktik pelayanan kesehatan menggunakan alat USG.

Hanya dokter lah yang bisa menggunakan USG. Dokter memiliki hal sebagai ahli medis yang bisa menggunakan alat USG. Melalui pendidikan formal, dokter bisa menjelaskan hasli dari gambar setelah pemeriksaan USG dilakukan.

Inti dari Melakukan Pemerikasaan USG

Terlepas dari hal tersebut di atas, ibu harus tahu apa sebenarnya inti dari pemeriksaan USG? Sebenarnya ada banyak manfaat dari melakukan pemeriksaan menggunakan alat USG. Dengan pemeriksaan ini, ibu bisa tahu HPL, berat badan bayi, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, inti yang paling penting adalah mengetahui perkembangan janin. Itulah mengapa ibu sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter kandungan setidaknya satu bulan sekali. Sekalipun tidak ada keluhan berarti yang ibu rasakan, konsultasi itu sangat penting agar ibu memastikan janin dalam kandungan berkembang normal.

Untuk menjaga perkembangan bayi dalam kandungan, ibu bisa menerapkan pola hidup yang sehat. Makanlah makanan yang bergizi dan jangan lupa minum susu ibu hamil. Lakukan beberapa olahraga ringat seperti jalan kaki dan berenang. Sangat disarankan pula ibu mengikuti program senam hamil. Selain akan menjaga kebugaran ibu selama proses kehamilan, senam ini juga akan memastikan ibu bisa melakukan prose persalinan dengan normal. Karena hanya dengan kondisi kesehatan ibu dan janin yang sehatlah proses persalinan bisa dilakukan secara normal. Jadi, perhatikan betul-betul perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*