Kenapa Banyak Wanita Karir yang Gagal Menjaga Kehamilan Muda?

menjaga kehamilan muda www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda bukanlah perkara yang mudah. Ibu bisa melihat banyak sekali bayi keguguran pada saat usia kehamilan muda. Lalu, sebenarnya apa yang menjadikan hal tersebut sering terjadi?

Sebenarnya, bukan ibu hamil muda saja yang sering mengalami keguguran. Hanya saja, prosentase keguguran dalam masa kehamilan muda itu lebih banyak dibandingkan masa kehamilan tua. Menurut para ahli kandungan, hal tersebut dikarenakan rahim belum begitu kuat dan janin dalam kandungan masih sangat rentan sehingga potensi keguguran itu lebih banyak.

Dalam hal ini, para wanita karir yang kesehariannya harus bekerja keras dan dituntut untuk kejar deadline membuat potensi janin yang mereka kandung rentan sekali terhadap keguguran. Namun, ternyata tidak hanya karena beban kerja yang keras saja yang membuat potensi keguguran ini tinggi.

Penyebab Kegagalan Menjaga Kehamilan Muda

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah tidak adanya kesadaran ibu hamil muda untuk menjaga kesehatan. Wanita karir lebih terbiasa untuk mengkonsumsi makan-makanan cepat saji. Jenis makanan tersebut bisa dikonsumsi di tengah jam istirahan yang sempit. Itu alasan yang sering diutarakan para wanita karir.

Selain itu, di tengah perkotaan, sangat sulit mendapatkan menu makanan sehat. Umumnya, restoran-restoran menawarkan menu makanan cepat saji. Ini merupakan kendala tersendiri kenapa banyak wanita karir gagal dalam menjaga kehamilan muda yang kadang kala berimbas pada keguguran.

Yang tak kalah penting adalah olahraga. Kenapa wanita karir susah sekali untuk meluangkan waktu untuk berolahraga? Mereka sering menjawab dengan jawaban yang klise. Mereka tidak memiliki waktu. Waktu mereka habiskan untuk bekerja dan bekerja. Itu yang selalu mereka katakan.

Lalu bagaimana ketika libur weekend? Ibu pasti tahu sendiri jawabannya. Malas. Setelah satu minggu bekerja keras di kantor, weekend merupakan kompensasi untuk bersantai dan tidak melakukan apa-apa. Olahraga pun tidak.

Maka tak heran jika sebagian wanita karir merasa gagal menjaga kehamilan muda. Padahal, olahraga merupakan kegiatan yang sangat diperlukan untuk ibu hamil. Olahraga akan menjaga kebugaran tubuh selama proses kehamilan. Jika tubuhnya bugar, maka janin akan berkembang normal. Dan saat persalinan tiba, ia bisa melahirkan dengan lancar karena kondisi kesehatannya yang baik.

Sayangnya, kesadaran tersebut tidak dipahami oleh banyak sekali ibu hamil yang berprofesi sebagai wanita karir. Mengkonsumsi makanan yang sehat serta rutin berolahraga merupakan kunci penting menjaga kehamilan muda.

Tips yang Bisa Dipraktekkan

Permasalahannya sudah ditemukan, yaitu kurangnya asupan gizi dari makanan yang sehat dan olahraga. Kemudian, ibu harus mencari tahu solusi dari dua masalah tersebut.

Sebenarnya, untuk masalah yang pertama, yaitu makanan yang sehat, ibu bisa mencoba untuk memesan catering yang menawarkan menu makanan yang sehat. Biasanya, menu catering tersebut akan diantarkan ke kantor di mana ibu bekerja.

Atau, jika ibu memiliki waktu, ibu bisa mempersiapkan bekal dari rumah. Bekal tersebut bisa berupa makanan sehat yang mudah untuk dibuat seperti nasi dengan pecel, nasi dengan sayuran-sayuran, dan menu sehat untuk ibu hamil lainnya.

Sementara itu, untuk persoalan yang kedua, ibu tidak perlu olahraga jika memang tidak suka atau tidak memiliki waktu olahraga. Hanya saja, ibu bisa menggantinya dengan cara beraktivitas layaknya orang olahraga. Seperti contoh, lebih sering berjalan kaki dan tidak menggunakan lift di kantor, berdiri dan merenggangkan otot setelah duduk selama 2 kali, mengambil minuman sendiri di dapur kantor, dan jenis kegiatan lainnya yang membutuhkan pergerakan fisik. Dengan melakukan hal ini, ibu bisa menjalankan program menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*