Kegiatan yang Bisa Ibu Lakukan sebagai Pengganti Senam Hamil

senam hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Senam hamil memiliki gerakan-gerakan khusus di mana gerakan tersebut diharapkan bisa membuat otot-otot pada tubuh ibu hamil tidak tegang. Tentu saja selain itu ada banyak sekali manfaat dari senam ibu hamil. Dan yang pasti, gerakan tersebut dilakukan agar pada waktu persalinan nanti ibu tidak mendapatkan kendala yang berarti.

Akan tetapi, bagaimana jika ibu tidak sempat mengikuti kegiatan senam ibu hamil bersama? Mungkin karena kesibukan atau tidak ada komunitas ibu hamil yang ikut senam kehamilan di sekitar tempat tinggal.

Tenang saja, ibu bisa mencari pengganti senam ibu hamil. Memang tidak semua gerakan dalam senam bisa juga dipraktekkan dalam kegiatan ini. Akan tetapi, setidaknya kegiatan ini bisa membantu ibu mendapatkan manfaat dari senam kehamilan.

Salah satu kegiatan pengganti senam ibu hamil adalah mengelel lantai dengan cara jongkok. Gerakan mengepel lantai ini hampir mirip dengan gerakan senam kehamilan. Bahkan, mengepel ini sering dianjurkan oleh orang tua dahulu.

Selain itu, ibu juga bisa melakukan jalan santai. Sebenarnya, jalan santai ini juga bisa meregangkan otot yang tegang selama masa kehamilan. Bukankah itu salah satu tujuan dari senam ibu hamil?

Jadi, jangan hanya karena tidak bisa ikut senam kehamilan ibu tidak bisa menjaga kesehatan wanita hamil. Jika ibu sudah minum susu ibu hamil, makanan makanan sehat, serta melakukan kegiatan tersebut di atas, sepertinya ibu akan mendapatkan kebaikan seperti jika ibu mengikuti senam hamil.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*