Kapan Tumbuh Kembang Balita Sudah Siap untuk Diperkenalkan dengan Uang?

tumbuh kembang balita https://www.facebook.com/ibudanbalita

Tumbuh kembang balita merupakan proses yang cukup panjang. Ketika bayi, ia hanya bisa membalikkan badan di atas lantai. Ketika sudah balita, ia sudah mulai berdiri, belajar berjalan, dan juga belajar bicara. Ketika balita ibu sudah benar-benar siap, ibu harus memperkenalkan dengan hal lain seperti nama-nama barang di sekitar dan kegunaannya.

Lalu, apakah balita ibu sudah boleh diperbolehkan untuk mengetahui uang? Tentu saja boleh. Jika si kecil sudah masuk PAUD misalnya, ibu harus mulai memperkenalkan dengan mata uang. Lalu, bagaimana ibu mulai memperkenalkan dengan uang?

Pertama-tama, ibu bisa mulai memperkenalkan uang dan jenisnya. Ada uang logam dan ada uang kertas. Balita ibu harus tahu bahwa uang merupakan benda yang sangat penting. Jangan sampai balita ibu tidak bisa membedakan uang logam atau uang kertas dengan benda yang hampir mirip dengan uang sehingga ia pada suatu saat nanti justru membuang atau merobek uang tersebut.

Setelah itu, ibu bisa mengajarkan bagaimana cara menggunakan uang tersebut. Agar tumbuh kembang balita ibu baik, sangat penting ibu mengajaknya ke tempat belanja untuk mengetahui di mana tempat untuk membeli sesuatu dan bagaimana cara bertransaksi. Sesekali, ibu bisa mengajaknya ke minimarket agar ia secara tidak langsung tahu bahwa uang itu sangat penting dan tidak boleh dirobek atau dibuang.

Ibu juga bisa mengajarkan si kecil untuk bermain jual beli. Ada permainan seperti monopoli di mana anak ibu akan mengerti kegunaan uang. Hanya saja, di dalam permainan tersebut, uang yang digunakan bukan uang sungguhan. Akan tetapi, permainan ini sangat penting agar ia bisa mulai menghitung uang dan juga bertransaksi.

Beberapa sekolah PAUD sekarang ini mulai mengajarkan anak didik untuk bertransaksi. Ini program yang baik sekali untuk tumbuh kembang balita. Jadi, tidak ada salahnya jika ibu mengajari bertransaksi melalui permainan di rumah.

Mengajaknya ke bank juga cara yang tepat untuk mengenalkan uang kepada balita ibu. Di sana, ibu juga bisa mengajarkan pentingnya menabung. Balita ibu akan semakin mengerti pentingnya uang untuk masa depannya. Uang tidak hanya dihabiskan untuk membeli sesuatu tapi juga untuk ditabung.

Lalu, pada usia berapa ibu bisa mengenalkan uang?

Sebaiknya, ibu tidak mengenalkan uang ketika balita ibu masih berusia 1 atau 2 tahun. Selain mereka tidak mengerti, hal tersebut juga tidak baik untuk tumbuh kembang balita. Akan lebih baik jika pada usia 1-2 tahun ibu memberikan berbagai jenis permainan.

Baru ketika usianya menginjak 4-5 tahun, ibu bisa mulai memperkenalkan uang. Pada usia ini, perkembangan balita sudah matang. Ia sudah tahu mana benda yang penting dan mana yang benda yang tidak terlalu penting. Dengan demikian, ia tidak akan menyobek atau membuang uang yang ibu perkenalkan.

Itulah sedikit informasi tentang tumbuh kembang anak. Bagi beberapa orang tua, mengenalkan uang kepada balita itu tabu. Mereka berpendapat sebaiknya anak dikenalkan dengan uang ketika dewasa saja. Hanya saja, beberapa orang tua ingin balitanya bisa mengerti bahwa uang itu tidak seperti benda yang lain. Uang tidak boleh dibuang karena uang sangat penting. Dengan alasan inilah, mereka mencoba mengenalkan uang kepada balita agar sedini mungkin balita menghargai uang.

Bagaimana dengan ibu? Ibu sepakat dengan pendapat yang pertama atau yang kedua? Terlepas dari perbedaan tersebut, ibu pasti menginginkan tumbuh kembang balita baik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*