Kandungan Paling Penting pada Makanan untuk Menjaga Kehamilan Muda

cara menjaga kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda hanya bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan yang baik dan mengurangi kegiatan yang membutuhkan terlalu banyak gerak dan tenaga. Pada dasarnya, itu inti dari menjaga kehamilan pada trimester pertama.

Lalu, pertanyaannya adalah apakah ibu yakin sudah menerapkan pola makan yang tepat untuk menjaga kehamilan muda? Apakah menu makanan yang ibu konsumsi setiap hari benar-benar tepat untuk kesehatan janin?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas, ibu hanya perlu tahu sebenarnya apa saja kandungan yang diperlukan untuk menjaga kehamilan muda. Berikut informasi selengkapnya.

3 Nutrisi Penting untuk Wanita Hamil Muda

Setidaknya ada 3 nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh ibu hamil muda setiap hari. yang pertama adalah kalsium. Nutrisi yang satu ini dikenal sebagai pemicu tumbuhnya tulang. Lalu, apakah kalsium juga dibutuhkan oleh janin?

Harus dipahami bahwa tulang itu mulai tumbuh ketika masa kehamilan muda. Itulah mengapa salah satu cara menjaga kehamilan muda adalah memastikan asupan gizi berupa kalsium setiap hari terpenuhi.

Selain untuk janin, kalsium ini juga dibutuhkan oleh ibu hamil. Jika ibu sering merasa ngilu dan pegal-pegal selama masa kehamilan, ada kemungkinan ibu kekurangan kalsium. Hal ini biasanya dirasakan oleh wanita karir di mana tenaganya divorsir setiap hari. Itulah mengapa mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium merupakan cara yang tepat untuk menjaga kehamilan muda saat bekerja.

Yang kedua adalah magnesium. Salah satu tanda bahwa janin dalam kandungan sehat adalah berat badannya yang normal. Mulai dari awal masa kehamilan, ibu harus rutin konsultasi kehamilan dengan bidan atau dokter kandungan. Konsultasi ini tidak hanya dilakukan ketika ibu mengalami keluhan kesehatan saja, tapi untuk mengontrol kondisi kesehatan janin meliputi perkembangan janin mulai dari pembentukan organ tubuh serta beran badan janin. Untuk memastikan berat badan janin normal, ibu harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan magnesium.

Kandungan penting untuk menjaga kehamilan muda yang selanjutnya adalah vitamin B6. Jika ibu masih sering mengalami morning sickness seperti muntah dan mual, bisa jadi ibu kekurangan vitamin B6. Memang morning sickness merupakan hal yang wajar. Setiap wanita hamil akan mengalami hal tersebut. Hanya saja jika mual dan muntah terlalu parah sehingga menggantu aktivitas setiap hari, tentu ibu tidak mengingikan hal tersebut, bukan? Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B6 sebagai cara menjaga kehamilan muda untuk mengurangi morning sickness.

Resiko Keguguran Ketika Masa Kehamilan Muda

Info tentang tips menjaga kehamilan muda ini sangat penting untuk diketahui karena resiko keguguran pada saat masa kehamilan muda itu sangat tinggi. Rahim belum begitu kuat sementara janin juga belum sempurna.

Itulah mengapa ibu hamil harus melakukan hal yang lebih ekstra untuk memastikan janin berkembang normal. Dan itu hanya bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat yang setidaknya mengandung tiga nutisi tersebut di atas. Selain itu, ibu juga harus mengupda info ibu hamil yang tidak hanya berkutat pada nutrisi pada makanan saja, tapi juga kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat hamil muda.

Yang penting, selamat atas kehamilan ibu sekarang. Mulai sekarang, ibu harus mengurangi mengkonsumsi makanan yang kurang begitu bergizi. Ibu harus ingat ada janin di mana perkembangannya tergantung pada ibu. Jika ibu ingin janin sehat, terapkan tips menjaga kehamilan muda.

Reference : https://www.ibudanbalita.com/artikel/empat-nutrisi-penting-untuk-ibu-hamil-muda

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*