Kandungan Koyo Hansaplast yang Berperan Penting untuk Hilangkan Pegal

kandungan koyo hansaplast

Ada banyak sekali orang yang menggunakan koyo untuk mengatasi pegal-pegal. Kandungan koyo Hansaplast sangat efektif untuk menghilangkan pegal-pegal. Hal inilah yang disinyalir menjadi alasan mengapa semakin banyak orang yang menggunakan koyo.

Sebenarnya, ad acara lain untuk mengatasi pegal-pegal. Misalnya saja berendam air hangat atau pijat. Namun, cara tersebut kurang efektif. Beberapa orang ingin tetap beraktivitas sambil menghilangkan pegal-pegal. Dan itu tidak mungkin dilakukan dengan cara berendam atau pergi ke tempat pijat, bukan?

Makanya, cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan menempelkan koyo pada area yang sakit. Entah itu di punggung, pundak, kaki, dan lain sebagainya.

Namun, tahukah Anda bahwa ada juga lho yang menganggap koyo itu hanya memberikan sensasi saja? Artinya koyo tidak benar-benar menghilangkan pegal.

Anggapan tersebut diamini oleh beberapa orang karena mereka tidak mempelajari mengenai apa saja kandungan pada koyo Hansaplast. Jika mereka tahu apa bahan yang digunakan, mereka pasti tidak akan berpikir demikian.

2 Kandungan Utama dalam Koyo Hansaplast

Sebenarnya, banyak sekali kandungan yang ada di dalam koyo Hansaplast. Hanya saja, ada dua kandungan utama yang sangat berperan untuk mengatasi rasa pegal. Apa saja itu?

  1. Mentol

Mungkin Anda sudah pernah dengar apa itu mentol. Banyak sekali produk yang menggunakan mentol. Dan dari sana, Anda bisa tahu apa yang dirasakan ketika seseorang menggunakan produk yang ada bahan mentol.

Yaps, betul sekali. Rasa dingin. Misalnya saja permen yang ada mentolnya. Masih sensasinya sangat dingin. Begitu juga mentol yang menjadi kandungan koyo Hansaplast. Efek yang ditimbulkan adalah dingin.

Akan tetapi, sebenarnya awalnya mentol ini memberikan efek sedikit panas. Lalu, setelah koyo ditempelkan beberapa menit, maka efeknya menjadi dingin.

Mentol pada koyo ini setidaknya memiliki dua peran. Yang pertama peran untuk menghilangkan rasa nyeri. Coba saja Anda tempelkan kompres air es pada bagian tubuh yang sakit. Pasti rasa sakit tersebut akan hilang, bukan? Begitu pula cara kerja mentol koyo Hansaplast.

Selain itu, mentol juga menstimulus otak agar tidak terlalu fokus untuk merasakan rasa sakit saat nyeri atau pegel-pegal. Karena otak akan fokus mengirimkan pesan kepada tubuh bahwa ada rasa yang lebih ekstrim, yaitu dingin mentol.  Makanya, ketika koyo ditempelkan, rasa nyeri dan pegal mulai berangsur hilang.

  1. Metil Salisilat

Kandungan koyo Hansaplast bisa saja hanya sebagai pengalihan. Namun, tidak dengan metil salisilat. Kandungan yang satu ini yang merasuk ke dalam lapisan dalam kulit. Gunanya agar mengendurkan otot yang tegang penyebab pegal-pegal.

Karena perannya yang seperti itu, metil salisilat disebut juga dengan bahan penghilang nyeri atau juga anti inflamasi. Tugasnya secara langsung mengatasi penyebab nyeri dari sumber utamanya, yaitu otot yang menegang.

Nah, dua kandungan itulah yang membuat Koyo Hansaplast mampu menghilangkan pegal-pegal. Tentunya dengan kombinasi kandungan-kandungan lainnya.

Hati-Hati Jika Terjadi Alergi

Sama halnya seperti obat atau produk kesehatan lainnya. Koyo Hansaplast juga bisa menyebabkan efek samping. Yang cukup sering terjadi adalah alergi. Misalnya rasa gatal, panas berlebihan, dan kulit berwarna kemerah-merahan.

Sebenarnya, alergi tersebut bisa dihindari jika koyo digunakan sesuai aturan. Pastikan koyo digunakan pada bagian kulit yang tidak sensitif. Selain itu, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan koyo. Koyo bisa ditempelkan 3-4 jam lalu lepaskan. Jangan langsung mengganti dengan koyo yang baru jika rasa pegal masih terasa.

Buat jeda antara penggunaan koyo satu dengan yang selanjutnya. Misalnya Anda bisa tempelkan koyo saat tertidur. Lalu, di pagi hari, Anda bisa lepaskan dan jangan ganti dengan koyo yang baru.

Cara Lebih Cepat Menghilangkan Pegal-Pegal

Anda tidak seharusnya mengandalkan koyo Hansaplast saja untuk mengatasi badan pegal. Anda juga harus melakukan hal lain.

Pada intinya, otot yang pegal itu otot yang menegang. Membiarkan otot tidak melakukan aktivitas juga bukan hal yang tepat. Otot harus dilenturkan dengan cara melakukan kegiatan yang ringan. Misalnya saja jika kaki pegal-pegal, tempelkan koyo pada bagian yang pegal. Setelah itu, lakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan santai.

Jika yang pegal bagian punggung, ada baiknya Anda pergi ke gym dan melakukan olahraga ringan untuk melatih otot. Ini yang perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi otot seperti semula.

Pada intinya, otot yang tegang itu harus dilatih. Otot yang tegang harus dikembalikan sehingga berada di posisi yang sebagai mana mestinya. Caranya dengan melatih otot tersebut dengan olahraga atau kegiatan fisik ringan. Sementara itu, kandungan Koyo Hansaplast membantu untuk menghilangkan rasa nyeri lebih cepat.

Sayangnya, justru banyak orang yang tidak melakukan apa-apa. Saat mereka merasakan pegal-pegal, mereka justru istirahat total. Saat ini yang dilakukan, otot akan semakin lemah dan semakin sulit untuk kembali ke kondisi semula.

Istirahat memang diperlukan. Karena dengan istirahat, maka otot juga memiliki waktu untuk santai. Akan tetapi, imbangi juga dengan melakukan aktivitas fisik ringan. Biarkan otot berolahraga. Karena dengan cara ini, rasa nyeri pada otot akan semakin mudah dihilangkan.

Tempelkan koyo Hansaplast sesuai dengan kesukaan. Ada kandungan koyo Hansaplast yang memberikan efek hangat. Ada juga yang memberikan efek panas. Silakan Anda pilih mana yang paling tepat untuk Anda gunakan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*