Jus yang Bisa Menaikkan Berat Badan Bayi Secara Signifikan

berat badan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Berat badan bayi selalu menjadi hal yang dikhawatirkan para ibu saat ini. Mereka merasa bersalah jika tiba-tiba berat badan si buah hati turun. Mereka akan langsung melihat kembali apakah ada yang salah dengan apa yang dilakukan selama ini.

Padahal, berat badan yang naik turun itu hal yang wajar. Tidak mesti bayi yang sehat itu memiliki berat badan yang naik tajam. Harus dipahami bahwa ada tabel berat badan yang sudah ditentukan oleh WHO (World Health Organization).

Jika si kecil sudah mulai mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI, ibu perlu mempertimbangkan untuk memberikan beberapa jus buah berikut ini. Bahkan, bagi bayi yang berat badannya cukup mengkhawatirkan, jus ini bisa ibu berikan dan lihat hasilnya.

Jus Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan gizi. Salah satu gizi yang terkadung di dalam buah yang satu ini adalah protein. Bahkan, orang dewasa yang berat badannya di bawah normal sering disarankan untuk mengkonsumsi buah alpukat.

Buah ini juga baik untuk diberikan kepada bayi yang berat badannya turun. Sayangnya, baunya yang menyengat kadang membuat bayi tidak mau makan jus buah alpukat ini. Untuk itu, ibu bisa menyiasati dengan cara mencampur jus alpukat dengan buah lainnya seperti kurma.

Jus alpukat ini cukup diberikan satu atau dua kali dalam sehari. Lakukan setidaknya satu minggu dan lihat hasilnya. Berat badan bayi akan semakin naik secara signifikan.

Jus Pisang

Para ahli gizi selalu menyarankan agar memberikan makan berupa buah pisang untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan. Artinya, pada usia tersebut, bayi sudah bisa mendapatkan MPASI. Tahukah ibu kenapa pisang?

Buah pisang ternyata mengandung kalori yang tinggi. Bagi bayi yang sudah mulai belajar merangkak dan banyak bergerak, bayi tersebut membutuhkan lebih banyak energi. Jadi, ibu bisa memberikan buah pisang. Dalam hal ini, ibu bisa membuatnya menjadi jus dengan cara memblender.

Akan lebih baik jika ibu mencampurkan kurma ke dalam blender tersebut . Campuran pisang dan kurma tidak hanya mengandung kalori yang tinggi, tapi juga protein serta kalsium. Dengan nutrisi tersebut, bayi ibu tidak hanya akan tumbuh sehat, namun juga memiliki berat badan normal.

Jus Wortel

Sudah menjadi menu yang biasa direkomendasikan oleh para ahli gizi bayi di mana salah satu menu MPASI merupakan wortel yang dihaluskan. Kali ini, ibu bisa membuatnya lebih encer sehingga menjadi jus agar lebih mudah dicerna.

Salah satu keunggulan dari wortel adalah kandungan nutrisinya berupa kalori, protein, karbohidrat, serta lemak. Bahkan, kandungan protein dalam satu wortel bisa mencapai 5,2 gram. Cukup sekali untuk membuat berat badan bayi ideal.

Itulah beberapa jenis jus yang bisa ibu berikan kepada bayi agar berat badann bayi normal. Ibu bisa memberikan jus tersebut secara bergantian agar bayi tidak merasa bosan dengan satu jenis jus saja. Selain itu, dengan mengganti jus, bayi juga akan belajar merasakan beberapa rasa.

Yang jelas, agar berat badan bayi normal, ibu tidak hanya bisa memberikan susu balita terbaik saja. Jika bayi ibu sudah diperbolehkan mendapatkan MPASI, berikan menu jus tersebut di atas dan lihat hasilnya. Dalam hitungan hari, berat badan bayi akan naik signifikan. Rajinlah ke posyandu setiap bulan untuk memastikan normal atau tidaknya berat badan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*