Jus yang Bisa Ibu Pilih untuk Menjaga Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Kesehatan wanita hamil bisa benar-benar terjaga jika ibu senantiasa memperhatikan apa yang ibu makanan dan apa yang ibu minum setiap hari. Selain itu, wanita hamil akan selalu sehat hingga nanti proses persalinan jika ia memilih kegiatan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Dalam hal ini, ada informasi yang harus ibu ketahui mengenai minuman segar yang sehat untuk ibu hamil, yaitu jus. Hanya saja. tidak semua jus itu baik untuk ibu hamil. Itulah mengapa penting sekali memilih jus yang baik agar tidak mengganggu kesehatan wanita hamil.

Tips Memilih Jus yang Baik untuk Kesehatan Kehamilan

Harus dipahami bahwa tidak semua jus itu baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Misalnya saja jus nanas. Meskipun jus nanas itu sangat segar apalagi jika diminum di siang hari yang panas, jelas jus nanas tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, nanas termasuk buah yang bisa membahayakan perkembangan janin dalam kandungan.

Untuk itu, hal pertama yang harus ibu ketahui adalah tentang buah apa saja yang baik untuk kesehatan wanita hamil. Hindari buah-buahan yang dilarang untuk dikonsumsi meskipun ibu sangat menyukai buah tersebut.

Selain itu, pertimbangkan pula untuk memilh buah yang organik. Sekarang ini, semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya mengkonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan organik. Ini pula yang membuat para petani mulai bersemangat untuk menanam sayuran serta buah-buahan organik.

Jadi, sebenarnya pada saat ini tidak sulit untuk menemukan buah-buahan organik. Karena jumlahnya juga semakin banyak, jelas harganya pun tidak semahal dulu.

Membuat jus dari buah-buahan organik tidak hanya menyegarkan tapi juga menyehatkan, entah untuk kesehatan wanita hamil ataupun kesehatan janin dalam kandungan. Pasalnya, buah yang ditanam secara organik tidak mengandung pestisida yang pada dasarnya tidak baik jika dikonsumsi, terutama ibu hamil.

Namun, yang tak kalah penting lagi, ibu juga harus memastikan buah yang ibu pilih tidak mengganggu kesehatan ibu. Ada kondisi tertentu di mana ibu tidak disarankan untuk mengkonsumsi jus buah tertentu. Itulah mengapa ibu sebaiknya konsultasi ibu hamil dengan bidan atau dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk memastikan buah apa saja yang diperbolehkan untuk ibu konsumsi.

Jika ibu sekarang ini sedang hamil tua, pilihlah jus buah pisang. Ibu bisa campur dengan strawberry dan juga melon agar lebih nikmat. Buah pisang sangat membantu untuk menambah energi setiap hari. Ibu hamil tua membutuhkan energi yang lebih besar agar ibu bisa aktif setiap hari tanpa dihantui rasa malas. Banyak ahli kesehatan ibu hamil yang menyarankan agar buah pisang dikonsumsi sebagai cara untuk menjaga kesehatan wanita hamil tua.

Bolehkah Minum Jus Buah yang Dicampur dengan Es?

Jus buah akan lebih nikmat jika disajikan dingin dengan mencampurkan beberapa es batu. Sayangnya, cara menikmati jus buah dingin ini tidak begitu disarankan. Pasalnya, es bisa meningkatkan resiko ibu terkena beberapa keluhan kesehatan seperti demam, sakit gigi, dan juga sakit kepala. Namun, jika suasananya sangat panas sehingga ibu membutuhkan jus buah yang segar, ibu bisa menambahkan sedikit es batu.

Yang jelas, jus merupakan minuman yang tepat untuk ibu konsumsi daripada minum minuman yang berkarbonasi atau bersoda. Pilihlah buah yang sangat ibu favoritkan dan buatlah menjadi jus sebagai minuman sehari-hari untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*