Jangan Sepelekan Pusing, Segera Konsultasi Kehamilan

konsultasi kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi kehamilan pada dasarnya bertujuan agar setiap ibu hamil bisa mengetahui kesehatan ibu dan juga janin. Hal ini menjadi sangat penting karena kebanyakan ibu hamil harus bersedih akhirnya kehilangan bayi yang ada di dalam kandungan karena mereka tidak rutin melakukan konsultasi. Mungkin mereka merasa sehat. Tidak terjadi hal-hal yang mencurigakan terhadap kesehatannya. Akan tetapi, mereka tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan janin di dalam kandungan.

Itulah mengapa konsultasi kehamilan itu sangat perlu dilakukan secara rutin. Hal tersebut diperlukan untuk mengantisipasi potensi buruk yang bisa terjadi terhadap kesehatan ibu dan juga kesehatan bayi yang masih ada di dalam kandungan.

Konsultasi kehamilan juga harus ibu lakukan saat ibu mengalami keluhan kesehatan yang sepele sekalipun. Contohnya saja jika ibu merasa pusing, maka jangan sepelekan hal tersebut karena bisa berakibat buruk terhadap kesehatan janin.

Penyebab Pusing Saat Hamil

Apakah pusing merupakan keluhan kesehatan yang serius? Mungkin jika ibu tidak sedang hamil, ibu tidak perlu terlalu mengkhawatirkan pusing yang ibu alami. Hanya saja, apabila pusing ibu rasakan pada saat ibu sedang mengandung, hal tersebut bisa berimbas pada terganggunya kesehatan janin di dalam kandungan.

Ada beberapa penyebab rasa pusing yang ibu alami. Salah satunya adalah alergi. Saat ibu merasakan pusing yang luar biasa, coba ibu ingat-ingat kembali makanan apa yang ibu konsumsi sebelumnya? Mungkin saja makanan itulah yang membuat ibu alergi dan akhirnya merasa pusing.

Namun, yang paling sering menyebabkan rasa pusing adalah kelelahan dan terlambat makan. Untuk yang satu ini, ibu harus waspada. Ibu bisa jadikan pusing sebagai tanda bahwa ibu sedang kelelahan dan sedang lapar. Mungkin ibu terlambat makan. Dan tahukah ibu apa yang bisa terjadi? Nutrisi yang dibutuhkan janin untuk berkembang bisa tidak tercukupi. Oleh sebab itu, jadikan rasa pusing sebagai tanda bahwa ibu harus istirahat dan ibu harus makan segera.

Dokter kandungan mencoba menjelaskan kenapa kebanyakan ibu hamil merasa pusing. Pada dokter kandungan mengatakan pusing yang dialami oleh ibu hamil itu disebabkan oleh produksi hormon yang belum stabil. Umumnya, hal ini terjadi saat usia kehamilan mencapai usia 1-2 bulan. Oleh sebab itu, sepertinya tidak perlu konsultasi kehamilan seorang ibu hamil muda merasa pusing.

Akan tetapi, jika masa kehamilan sudah mencapai usia trimester kedua atau bahkan trimester ketiga, ibu harus melakukan konsultasi kehamilan jika masih sering merasa pusing. Pasalnya, menurut perhitungan dokter kandungan, pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga, seharusnya produksi hormon sudah stabil. Dan itu artinya seharusnya ibu tidak lagi sering merasa pusing. Namun, jika ibu masih sering merasa pusing, maka sebaiknya ibu segera ke dokter untuk melakukan konsultasi ibu hamil.

Pertolongan Pertama Mengatasi Pusing Saat Hamil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rasa pusing yang ibu alami bisa diakibatkan ibu kelaparan, kelelahan atau juga produksi hormon yang belum stabil. Oleh sebab itu, saat ibu merasa pusing, hal pertama yang harus ibu lakukan adalah istirahat. Lalu, cobalah untuk mengkonsumsi makanan karena mungkin saja ibu merasa pusing karena terlambat makan.

Setelah itu, ibu coba mengecek tekanan darah. Jika tekanan darah ibu rendah, itu artinya ibu pusing karena kekurangan darah. Kosumsilah makanan yang mengandung zat besi.

Akan tetapi, jika rasa pusing masih sering ibu alami saat kehamilan sudah tua, ada baiknya ibu melakukan konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*