Jangan Sepelekan Masalah Pencernaan Anak. Bisa Bahaya Lho

pencernaan anak https://www.facebook.com/FrisoIndonesia

 

Masalah pencernaan pada anak bisa berimbas pada hal-hal yang lain. Jika selama ini ibu menganggap masalah pencernaan itu tidak lebih hanya berhubungan dengan perut, jelas ibu salah besar.

Jika pencernaan anak bermasalah, maka hal ini akan berpengaruh terhadap hal lain. Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut secepat mungkin.

Ada banyak opsi yang ibu bisa lakukan mulai dari membuat ramuan sendiri yang terbuat dari bahan alami atau memberikan obat dari apotek. Opsi yang pertama paling direkomendasikan.

Hal yang Bisa Terjadi

Sudah disinggung bawasannya tidak hanya bagian perut saja yang terasa sakit jika si kecil terkena masalah pencernaan. Bisa juga hal tersebut bisa berimbas kepada aktivitas setiap hari.

Ini yang paling awal dialami oleh anak yang mengalami masalah dengan sistem pencernaanya. Tampaknya tidak buruk. Tapi coba ibu bayangkan bagaimana anak bisa berkembang jika ia tidak mau beraktivitas.

Apalagi jika anak ibu sedang dalam masa pertumbuhan. Maka aktivitas fisik jelas sangat diperlukan. Dan untuk memastikan si kecil bisa beraktivitas dengan ceria, maka ibu harus menghindarkan si kecil dari masalah pencernaan, entah itu diare atau susah buang air besar.

Lebih dari itu, masalah pencernaan pada anak ternyata juga berpengaruh terhadap prestasi anak di sekolah lho. Ada beberapa orang tua yang menemukan prestasi anak di sekolah menurun dan ternyata ada kaitannya dengan masalah pencernaan yang ia sering alami.

Menurunnya prestasi tersebut disebabkan oleh susahnya si kecil untuk berkonsentrasi dalam belajar. Hal ini disebabkan ia harus menahan rasa sakit karena sistem pencernaannya terganggu. Akibatnya, prestasipun turun drastis.

Sayangnya, banyak orang tua yang tidak menyadari hal ini. Mereka mungkin menganggap masalah pencernaa ini bukan masalah yang serius. Mareka berpikir dengan sendirinya masalah tersebut akan hilang.

Cara Mengatasi Masalah Pencernaan pada Anak

Setelah ibu tahu betapa berbahayanya jika anak mengalami masalah pada sistem pencernaannya, maka ibu harus melakukan antisipasi.

Pastikan ibu tahu makanan apa saja yang biasanya membuat si kecil sakit perut. Jika ada keluhan walaupun sedikit, sebaiknya ibu tidak memberikan makanan tersebut.

Akan tetapi, jika gangguan pencernaan pada anak sudah terlanjur terjadi seperti diare atau kostipasi, maka ibu harus tahu tindakan apa yang harus ibu lakukan.

Tentu setiap keluhan ada treatment nya sendiri-sendiri. Namun, sebagai langkah awal, pastikan ibu menenangkan si kecil. Ibu harus bisa membuat si kecil sabar dan tenang. Karena itu yang sangat dibutuhkan oleh si kecil. Ibu harus mampu membuat anak ibu merasa tenang dan yakinkan semuanya akan baik-baik saja.

Setelah itu, ibu bisa cari cara yang paling alami. Seperti contoh, jika si kecil mengalami diare, gunakan bahan yang ada di dalam rumah yang bisa digunakan untuk mengatasi diare seperti membuat oralit sendiri di rumah.

Sementara itu, anak mengalami konstipasi, berikan makanan yang bisa melancarkan buang air besarnya seperti pepaya.

Butuh waktu yang cukup lama untuk mengatasi gangguan pencernaan pada anak. Oleh sebab itu, cara yang alami jelas lebih direkomendasikan daripada menggunakan bahan kimia.

Perhatikan apakah ada perbedaan setelah ibu memberikan treatment sendiri. Jika ada, maka ibu bisa tenang karena masalah gangguan pencernaan yang dialami oleh anak akan segera teratasi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*