Jangan Lakukan Hal Berikut Jika Si Kecil Mulai Belajar Jalan

belajar jalan www.facebook.com/ibudanbalita

Belajar jalan umumnya dilakukan balita ketika usianya sudah menginjak satu tahun. Ada pula anak yang usianya masih di bawah satu tahun tapi sudah mulai bisa berdiri tanpa bantuan orang lain dan melangkahkan kakinya.

Apakah balita ibu sudah mulai belajar berjalan? Jika ya, pasti ibu sangat senang sekali. Namun, jika belum, ibu harus bersabar. Ibu harus tahu balita mulai belajar jalan itu tidak dipengaruhi oleh umur. Umur hanya patokan saja di mana kebanyakan anak yang sudah masuk usia 1 tahun biasanya sudah mulai belajar berjalan. Bayi sudah mulai berjalan itu karena struktur tulangnya sudah kuat dan sistem saraf motoriknya sudah bagus.

Jika si kecil sudah mulai belajar berjalan, ibu pasti sibuk sekali mencari tips-tips agar si kecil bisa cepat bisa berjalan. Namun, ibu harus tahu ada beberapa hal yang sebaiknya ibu tidak lakukan ketika balita ibu belajar jalan.

  • Terlalu Sering Membantu Berjalan

Pada awalnya, ibu boleh saja membantu si kecil berjalan dengan cara menuntunnya dengan menggunakan dua tanga. Namun, jika rasanya sudah kuat untuk berjalan sendiri, maka ibu perlahan-lahan harus melepaskan tangannya sehingga si kecil bisa berjalan sendiri.

Jika ibu terlalu sering menuntun si kecil, maka balita ibu akan cenderung tidak berani untuk melangkah sendiri tanpa ada bantuan dari ibu. Balita ibu akan langsung jongkok karena tidak berani berdiri dan berjalan sendiri.

Untuk itu, mulai sekarang, ibu harus mulai tidak membantu si kecil ketika belajar jalan.

  • Membantu Si Kecil Berdiri

Ibu bisa coba lihat bagaimana balita ibu berdiri sendiri ketika tidak ada ibu. Cobalah untuk bersembunyi namun mengamati dari jauh agar ibu bisa melihat bagaimana si kecil berdiri sendiri sebelum akhirnya berjalan.

Pasalnya, jika ibu selalu membantu si kecil berdiri, maka ia tidak akan belajar bagaimana ia harus memulai ketika akan berjalan.

  • Membantu Si Kecil Berdiri Setelah Terjatuh

Ketika balita ibu belajar jalan, pasti ada momen di mana ia akan terjatuh. Itu sangat wajar. Akan tetapi, jika balita ibu terjatuh dan tidak parah, maka sebaiknya ibu membiarkan si kecil bangun sendiri. Jika ia menangis, cobalah ibu memberi pengertian bahwa tidak seharusnya si kecil menangis.

Cara ini tidak hanya akan membuat anak cepat belajar berjalan, tapi juga mengajarkan kepada balita ibu agar menjadi pribadi yang mandiri. Pelajaran ini bisa berikan mulai sejak dini. Salah satunya dengan cara mengajarkan anak  untuk berdiri sendiri ketika terjatuh.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya ibu tidak lakukan ketika anak ibu mulai belajar berjalan. Dengan menerapkan cara tersebut, ibu akan melihat anak ibu belajar berjalan lebih cepat.

Lalu, apakah ibu perlu membelikan alat bantu jalan seperti baby walker atau moon walk? Menurut para dokter anak, sebaiknya dihindari memberikan alat bantu jalan tersebut. Menurut mereka, alat bantu tersebut justru akan menghambat perkembangan tulang. Hal ini dikarenakan tubuh anak tidak sepenuhnya ditopang oleh tulang kaki, melainkan alat tersebut.

Selain itu, anak akan cenderung terbiasa dengan alat sehingga ketika alat tersebut tidak digunakan, ia tidak akan terbiasa dan akhirnya susah berjalan. Akan lebih baik jika balita ibu belajar berjalan secara natural dan normal tanpa bantuan alat. Ini merupakan cara yang lazim dilakukan agar anak tumbuh alami dan benar-benar belajar jalan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*