Inti dari Semua Tips Mengenai Cara Menjaga Kehamilan Muda

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Menjaga kehamilan muda bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, minum susu ibu hamil, dan melakukan aktivitas yang tidak membahayakan janin di dalam kandungan. Namun, jika ibu membuat cacatan tentang tips menjaga kehamilan, ibu akan menghabiskan beberapa lembar kertas dan tentu saja sangat sulit untuk menerapkan semua tips tersebut.

Untuk itu, akan lebih efektif jika ibu memahami apa yang harus ibu lakukan untuk menjaga kehamilan muda. Ada satu kata kunci yang harus ibu ketahui untuk memastikan janin dalam kandungan ibu berkembang baik, yaitu plasenta.

Apa itu Plasenta?

Apakah ibu tahu istilah plasenta? Apakah ibu tahu ari-ari? Plasenta dan ari-ari itu sama. Hanya saja, di dalam dunia medis, ari-ari disebut dengan plasenta.

Menurut para ahli biologi, plasenta itu seperti gumpalan hati. plasenta berwarna merah tua. Plasenta inilah yang sangat penting untuk perkembangan janin dalam kandungan. Sepertinya mustahil jika ibu bisa menjaga kehamilan muda saat plasenta tidak bekerja maksimal. Itulah mengapa peran plasenta sangat penting.

Orang Jawa kuno mengatakan plasenta atau ari-ari sebagai saudaranya janin atau dulur. Itu dikarenakan selama janin di dalam kandungan, plasenta itu ada. Dan bahkan ukuran plasenta hampir sama dengan janin. Jadi, jika janin mulai berkembang, ukuran plasenta pun berkembang.

Lalu, sebenarnya apa sajakah peran dari plasenta ini untuk perkembangan bayi dalam kandungan?

Peran Plasenta

Secara singkat, plasenta bisa dikatakan sebagai penentu perkembangan janin di dalam kandungan. Plasenta memiliki peran yang sangat signifikan. Itulah mengapa jika plasenta sehat maka ibu berhasil menjaga kondisi kesehatan saat hamil muda.

Salah satu fungsi plasenta adalah untuk menyalurkan nutrisi. Ibu selama ini sudah mengkonsumsi makanan yang sehat serta minum susu ibu hamil. Akan tetapi, apa yang ibu lakukan akan sangat sia-sia jika plasenta tidak bekerja maksimal sehingga apapun nutrisi yang ibu berikan tidak bisa diterima oleh janin dalam rahmi.

Selain itu, plasenta juga bertugas sebagai sistem ekskresi. Ketika janin belum memiliki ginjal, maka semua racun dan sisa metabolisme akan dikeluarkan oleh plasenta. Dan yang paling penting, plasenta juga berfungsi sebagai antibodi. Itulah mengapa ada bayi yang lahir dalam keadaan sehat dan ada juga bayi lahir dengan penyakit bawaan. Hal tersebut dipengaruhi oleh plasenta.

Ada beberapa fungsi lain lagi dari plasenta. Yang jelas, plasenta sangat menentukan kesehatan janin. Itulah mengapa ibu penting sekali menjaga kesehatan plasenta sebagai cara yang tepat untuk menjaga kehamilan muda.

Gangguan pada Plasenta

Setelah ibu tahu beberapa peran atau fungsi plasenta, ibu sekarang memahami betapa pentingnya plasenta untuk kesehatan janin dalam kandungan. Namun, tahukah ibu bahwa ada juga gangguan yang mungkin terjadi pada plasenta.

Ternyata ada. Masyarakat sering menyebutnya dengan plasenta yang lepas. Plasenta lepas ini dikarenakan adanya trauma seperti ibu pernah jatuh dari motor. Jika plasenta lepas, ibu harus segera datang ke dokter kandungan untuk melakukan konsultasi kehamilan.

Selain itu, plasenta juga bisa diserang oleh bakteri. Seperti yang ibu ketahui plasenta merupakan penyalur nutrisi untuk janin. Itulah mengapa penting sekali ibu memperhatikan makanan yang ibu konsumsi setiap hari. Pastikan makanan yang ibu konsumsi tidak mengandung bakteri agar tidak mengganggu plasenta dan bahkan masuk dan dimakan oleh janin. Tentu hal tersebut sangat berbahaya. Hindari makanan setengah matang dan juga junk food. Ini menjadi cara menjaga kehamilan muda saat bekerja yang harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya, para wanita karir lebih sering mengkonsumsi junk food saat bekerja.

Untuk menjaga kesehatan plasenta, pastikan ibu memperhatikan makanan yang ibu konsumsi setiap hari. Hindari kegiatan yang bisa berakibat fatal dan selalu terapkan hidup sehat sebagai cara menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*