Inidia yang Perlu Ibu Lakukan Sebagai Perawatan Bayi saat Terkena Flu

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi saat ia terkena flu itu seperti apa? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan ibu dapatkan sekarang. Yang jelas ibu tidak perlu panik dan terlalu khawatir saat sang buah hai terkena flu. Jangan pernah berpikir untuk membawanya ke bidan atau dokter anak ya. Karena di sana, ibu akan mendapatkan saran saja untuk ibu lakukan. Dan saran tersebutlah yang merupakan perawatan bayi saat ia terkena flu.

Berikut langkah yang sebaiknya ibu lakukan sebagai cara merawat bayi saat ia flu.

Yang pertama, berikan pelukan hangat ibu. Saat masih bayi, tidak ada bahasa yang dipahami selain pelukan dari ibu. Pelukan seorang ibu merupakan bahasa yang mengandung banyak air. Saat flu, bayi merasa sangat tidak nyaman dan dengan pelukan saja ia aan merasa nyaman.

Oleh sebab itu, saat si kecil flu, usahakan ibu selalu berada di sisi ibu. Saat ia terjaga, peluklah sang buah hati sambil membawanya jalan-jalan. Saat ia terlelap, pastika ia berada di dekapan ibu. Dengan memberikan pelukan inilah bayi akan merasa tenang dan nyaman.

Selanjutnya, berikan ASI lebih banyak. Tidak ada perawatan bayi yang lebih ampuh selain memberikan ASI. ASI merupakan sumber nutrisi. Lebih dari itu, ASI itu juga obat dari segala penyakit termasuk flu.

Apakah ibu perlu memberikan obat flu? Sebenarnya ada obat flu yang dikhususkan untuk bayi. Hanya saja, memberikan obat flu itu tidak disarankan ya. Obat sebaiknya diberikan jika flu semakin parah padahal segala upaya sudah ibu lakukan.

Dokter anak menjelaskan bahwa memberikan ASI dalam jumlah yang lebih banyak itu sudah cukup untuk mengatasi flu. Hal ini dikarenakan pada dasarkan flu itu disebabkan adanya bakteri di dalam tubuh bayi. Untuk mengatasi bakteri tersebut, diperlukan sistem immune atau sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dan hal tersebut hanya bisa dilakukan dengan cara memberikan ASI. Itulah mengapa pemberian ASI merupakan cara yang paling tepat dalam memberikan perawatan bayi saat terkena flu.

Langkah perawatan selanjutnya adalah membuat arometarapi. Ibu bisa membuat aromaterapi dengan cara memasukkan air panas ke dalam sebuah ember kecil. Kemudian, ibu memasukkan minyak kayu putih ke dalam ember tersebut. Uapnya akan melingkupi seluruh ruangan sehingga flu yang dialami oleh si kecil akan mereda.

Perawatan bayi yang tak kalah pentingnya adalah memberikan nutrisi yang lebih banyak. Jika bayi ibu sudah mendapatkan MPASI atau makanan pendamping ASI, maka ibu bisa membuatkan makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi seperti sup ayam, jus buah, bubur ayam, dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi makanan seperti ini, sistem kekebalan tubuh si kecil akan semakin kuat sehingga flu akan teratasi.

Jika semua cara tersebut tidak ampuh untuk menyembuhkan, langkah perawatan bayi selanjutnya adalah memberikan obat. Akan tetapi, akan lebih baik jika ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan asal memberikan obat apalagi yang mengandung antibiotik. Pasalnya, ada beberapa penyakit di mana ibu bisa memberikan perawatan bayi tanpa harus memberikan antibiotik.

Semoga informasi tersebut di atas membuat ibu tenang jika mengahadapi bayi yang terkena flu. Yang jelas, ibu tidak perlu terlalu khawatir dan panik. Ibu harus fokus untuk memberikan lebih banyak perhatian kepada sang buah hati. Karena pada dasarnya perhatian ibu lah yang terpenting dari perawatan bayi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*