Ini yang Bisa Ibu Lakukan agar Bayi Sehat

bayi sehat www.facebook.com/ibudanbalita

Bayi sehat itu tanggung jawab ibu sebagai orang tua. Bisa dikatakan ibu memiliki peran 100% menentukan kesehatan bayi. Oleh karena itu, ibu harus tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Sebenarnya, hal-hal kecil berikut ini cukup untuk dilakukan agar sang buah hati sehat. Ibu tidak perlu terlalu parno atau khawatir karena sering mendengar bahwa merawat bayi agar sehat selalu itu sulit. Ada juga tips di mana ibu tidak boleh melakukan ini dan harus melakukan itu yang notabene sangat sulit dilakukan.

Kali ini, ibu akan tahu ternyata menjadikan bayi sehat itu sangat mudah. Berikut ulasan selengkapnya.

Memberikan ASI Ekslusif

Ini kegiatan yang paling mudah dilakukan oleh ibu. Bahkan, jika tidak, kesehatan ibu yang justru terancam. Memberikan ASI (air susu ibu) akan membuat bayi berkembang optimal. Tidak ada susu yang lebih baik daripada ASI, bahkan susu formula terbaik yang harganya selangit sekalipun.

ASI tidak hanya minuman wajib bayi, tapi juga obat dan penambah stamina. Hal ini dikarenakan ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi.

Sementara itu, di pihak ibu, memberikan ASI akan menjauhkan dari berbagai masalah kesehatan terutama kanker payudara. Jika bayi menyedot ASI, maka ASI tidak mengendap di bagian payudara yang jika terlalu lama hal tersebut akan berubah menjadi kanker.

Ikuti Program Imunisasi

Sesibuk apapun ibu dengan pekerjaan, ibu harus patuhi jadwal iminusasi. Ada 5 jenis imunisasi yang harus didapatkan oleh bayi sehat, yaitu BCG (Bacille, Calmette, Guerin), Hepatitis B, DPT (Diferi, Pertusis, dan Tetanus), polio, dan campak.

Mengapa harus ikut imunisasi? Karena penyakit-penyakit tersebut sering menjadi penyebab kematian bayi. Ibu harus tahu bayi itu sangat rentan terhadap bakteri atau virus penyakit sehingga jika tidak dilakukan pencegahan, hal-hal buruk bisa terjadi, tak terkecuali kematian.

Sementara itu, imunisasi merupakan cara agar antibody bayi lebih bagus. Tenaga medis akan selalu mengontrol perkembangan bayi serta memberikan imunisasi yang dibutuhkan sesuai dengan usia bayi.

Membiasakan Mencuci Tangan

Sebenarnya, kebiasaan ini sudah dilakukan oleh ibu-ibu dulu yang mungkin tidak tahu alasan medisnya. Orang-orang dulu melakukan cuci tangan setiap kali ingin menggendong bayi agar bayi tidak terkena hal-hal magic yang mungkin ada ketika mereka dari luar rumah.

Namun, sebenarnya cuci tangan ini juga disarankan oleh ahli medis. Walaupun kelihatannya tangan ibu bersih, bukan tidak mungkin ada bakteri dan virus yang ada di dalam tangan yang bisa menularkan penyakit kepada si kecil. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bayi itu rentan sekali terhadap penyakit. Agar bayi sehat, biasakanlah mencuci tangan setiap kali ingin menggendong si kecil, terutama ketika ibu berasal dari luar rumah.

Mungkin ibu sudah sering berkonsultasi dengan dokter anak. Itu memang cara yang tepat untuk memastikan kesehatan bayi. Namun, setelah ibu membaca artikel ini, ibu tahu ternyata sangat mudah menjaga kesehatan bayi, tidak harus sering melakukan konsultasi dengan dokter. Konsultasi diperlukan ketika terjadi keluhan yang kelihatannya serius. Jika tidak, ibu bisa terapkan cara merawat bayi yang mudah tersebut di atas.

Tentu saja masih banyak kali hal-hal yang perlu ibu ketahui. Jadi, ibu tidak boleh berhenti memperkaya wawasan tentang perawatan si kecil seperti nutrisi apa saja yang penting, kapan diperbolehkan memberikan makanan dan lain sebagainya agar bayi sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*