Ini Tahap Perkembangan Bayi yang Ibu Nanti-Nantikan

tahap-perkembangan-bayi https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Tidak ada yang lebih menyenangkan selain melihat tumbuh kembang bayi normal. Ibu pasti juga merasakan hal yang sama.

Dari beberapa tahap perkembangan bayi, ada beberapa perkembangan yang paling dinanti. Pantas saja dinantikan karena memang itu merupakan tanda perkembangan yang signifikan.

Bayi seolah sudah sangat cerdas. Dan itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi ibu sebagai orang tua jika melihat perkembangan tersebut.

Di sisi lain, ada juga kekhawatiran jika tahap perkembangan tersebut tidak terlihat.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua, ibu harus tahu setiap tahap tumbuh kembang bayi agar ibu tahu sebenarnya si kecil berkembang baik atau tidak.

Berguling ke Kanan dan ke Kiri

Ibu tahu kapan bayi sudah bisa menggerakkan badannya sehingga bisa berguling ke kanan serta ke kiri?

Ini merupakan tahap perkembangan pada bayi yang paling membuat ibu gembira. Karena tahap tersebut bisa dikatakan sebagai tanda bayi sudah mulai pintar. Sudah mulai mampu untuk bergerak sebagai kemajuan pertama kali yang dilakukan oleh bayi.

Lalu, usia berapa bayi secara umum sudah bisa berguling ke kanan dan ke kiri? Usia 1,5 bulan atau 2 bulan seharusnya bayi sudah bisa melakukan hal tersebut. Jadi, ibu bisa lihat tahap perkembangan seperti itu ketika usia si kecil sudah mencapai 1.5 – 2 bulan.

Mencoba Berkomunikasi

Bukan berkomunikasi seperti orang dewasa yang dimaksudkan dalam hal ini. Melainkan komunikasi yang dilakukan oleh bayi untuk menunjukkan perasaannya kepada orang lain.

Jadi, cara berkomunikasinya tidak dengan perkataan tapi dengan tangisan dan juga tawa. Terkadang ia juga sudah mulai mengeluarkan nada datar, bukan tangisan dan juga bukan tawa. Pada dasarnya, itu merupakan cara berkomunikasi bayi yang bisa dilakukan pada waktu itu.

Ibu bisa melihat tahap perkembangan si kecil seperti ini ketika usianya mencapai 4 bulan. Ibu harus memperhatikan karena cara komunikasi ini sangat sering dilakukan. Komunikasi seperti ini dilakukan entah untuk meminta minum, sudah merasa ngantuk, dan lain sebagainya.

Duduk Tegak

Senang sekali jika sudah bisa melihat si kecil duduk tegak. Dan tahap perkembangan ini bisa ibu lihat ketika si kecil berusia 7 bulan.

Akan tetapi, beberapa bayi baru bisa duduk secara tegak pada usia 8 bulan. Hal in tergantung kekuatan fisik yang dimiliki oleh bayi. Agar tahap perkembangan normal dan bayi bisa duduk tegak lebih cepat, sebaiknya ibu memperhatikan nutrisi yang ibu berika, terutama kalsium dan vitamin D yang berperan penting untuk menguatkan tulang.

Tidak lama setelah si kecil bisa duduk, ia juga segara akan bisa merangkak. Hanya saja, ada beberapa bayi yang tidak melewati tahap perkembangan merangkak. Ini yang langsung berdiri dan mulai belajar berjalan.

Belajar Berdiri

Ada yang bilang anak laki-laki lebih cepat belajar berdiri daripada anak perempuan. Sebaliknya, anak perempuan lebih cepat belajar bicara daripada anak laki-laki.

Hanya saja, teori tersebut tidak selalu benar. Yang pasti, ketika usia si kecil mencapai 8-9 bulan, sudah seharusnya ia mulai belajar berdiri. Awalnya ia akan berdiri dengan sandaran. Kemudian ia berdiri sendiri. Secara umum, anak usia 10 tahun sudah bisa mulai melangkahkan satu atau dua langkah.

Dengan mengetahui tahap perkembangan anak tersebut, diharapkan ibu tahu apakah si kecil terlambat atau tidak dalam perkembangannya. Jadi, jika terjadi keterlambatan, ibu bisa melakukan treatment sesuai dengan kebutuhan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*