Ini Dia Ciri-Ciri Mual Tanda Awal Kehamilan, Bukan Masuk Angin

friso www.friso.co.id

Mual belum tentu tanda awal kehamilan. Karena bisa juga mual tersebut disebabkan masuk angin. Maka ibu harus bisa membedakan apakah mual disebabkan hamil atau karena masuk angin.

Memang tidak mudah untuk membedakan mual karena hamil dengan mual karena masuk angin. Karena keduanya hampir sama. Banyak yang tidak langsung percaya bahwa mereka sedang hamil hanya karena mereka mual-mual.

Namun, hampir sama bukan berarti tidak bisa dibedakan. Setidaknya ciri-ciri berikut ini bisa ibu jadikan penanda apakah mual yang ibu alami itu karena masuk angin atau sedang mengandung.

Indera Penciuman Lebih Sensitif

Mual seorang ibu hamil biasanya dibarengi dengan indera penciumannya yang lebih sensitif, terutama terhadap makanan dengan bau yang tidak ia sukai.

Sebenarnya, ada juga orang yang mengkaitkan antara mual dengan semakin sensitifnya indera penciumannya tersebut. Karena seorang ibu hamil sering mencium bau yang tidak ia sukai, maka ia mual.

Logika tersebut di atas masuk akal juga. Hanya saja, bukan itu alasan kenapa mual menjadi tanda awal sebuah kehamilan. Karena mual tersebut lebih disebabkan karena faktor hormonal.

Terlepas dari itu semua, memang seorang ibu hamil memiliki indera penciuman yang lebih sensitif. Jika ibu mula dan indera penciuman semakin sensitif, ada kemungkinan ibu sedang hamil.

Sering Mual Dalam Beberapa Hari Berturut-Turut

Jika ibu masuk angin, ibu tidak akan mual lagi jika masuk angin sudah sembuh. Umumnya, masuk angin akan hilang jika ibu sudah minum obat dan istirahat cukup.

Berbeda dengan mual sebagai tanda kehamilan. Mual yang ibu rasakan bisa terjadi dalam beberapa hari berturut-turut. Bahkan, ada juga ibu hamil yang mual-mual hingga 2 bulan.

Jika tanda-tanda kehamilan ini muncul, maka ibu bisa segera datang ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG. Hal ini perlu ibu lakukan untuk memastikan apakah ibu sedang hamil atau tidak.

Namun, jika mual yang ibu rasakan berlangsung hingga beberapa hari bahkan beberapa minggu, kemungkinan terbesar ibu sedang mengandung.

Seringnya Di Pagi atau Malam Hari

Mual sebagai tanda kehamilan sering disebut morning sickness. Hal ini disebabkan mual yang ibu hamil rasakan sering terjadi di pagi hari.

Akan tetapi, itu hanya istilah saja. Karena seorang ibu hamil juga bisa mengalami mual pada malam hari. Karena mual yang terjadi disebabkan faktor hormonal. Ketika hormone diproduksi lebih banyak, pada saat itulah ibu hamil akan merasa mual.

Hanya saja,. memang kebanyakan mual dirasakan oleh ibu hamil di pagi hari.

Tertarik dengan Makanan Masam

Tanda yang satu ini tidak bisa di generalisir. Meskipun demikian, memang benar jika seorang wanita yang hamil lebih tertarik dengan makanan yang masam seperti mangga muda.

Masyarakat menyebutnya ngidam. Jika tanda ini dibarengi dengan mual, mungkin saja ibu sedang hamil.

Beberapa ciri tersebut di atas bisa membuat dugaan ibu semakin kuat bawasannya ibu sedang hamil.

Meskipun demikian, ibu tidak boleh terlalu senang dulu. Ibu perlu memastikan apakah ibu benar-benar hamil atau tidak.

Caranya, ibu bisa melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack atau langsung saja ke bidan atau dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG.

Setidaknya, sebelum ibu melakukan pengetesan kehamilan, ibu sudah ada keyakinan apakah mual yang terjadi itu pertanda awal kehamilan atau mual biasa karena masuk angin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*