Ini Alasan yang Paling Penting untuk Menjaga Kesehatan Wanita Hamil Saat Mendekati Proses Persalinan

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil menentukan kesehatan janin dalam kandungan. Itu kalimat yang sering ibu dengar, bukan? Entah dari artikel atau seminar tentang kesehatan kehamilan. Sayangnya, tidak mudah menjaga kesehatan wanita hamil. Banyak tantangannya.

Namun, jika ibu sedang hamil sekarang dan masih semangat untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan, berikut beberapa hal akan membuat ibu semakin semangat lagi.

Bayi Lahir dalam Keadaan Sakit

Bukan tidak mungkin bayi lahir dan harus mendapatkan perawatan intensif. Kasus ini tidak jarang terjadi. Hal ini sering dikarenakan kurangnya asupan gizi yang diberikan oleh ibu ketika masa kehamilan.

Program khusus untuk menjaga kesehatan wanita hamil pada dasarnya untuk memastikan janin dalam kandungan mendapatkan gizi yang dibutuhkan untuk perkembangannya. Hal ini dikarenakan tidak mungkin ibu yang kondisi kesehatannya buruk bisa memberikan yang terbaik untuk perkembangan bayi dalam kandungan.

Oleh karena itu, ibu hamil harus memperhatikan apa yang ia konsumsi setiap hari. makanan serta minuman yang dikonsumsi menentukan kesehatan wanita hamil. Dan kesehatannya menentukan kesehatan janin dalam kandungan.

Beberapa kasus terjadi di mana bayi lahir dalam keadaan cacat lantaran kekurangan asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang ada di dalam susu ibu hamil. Memang banyak juga makanan yang mengandung asam folat. Namun, untuk memastikan kebutuhan asam folat ibu hamil terpenuhi, sebaiknya ibu mengkonsumsi susu ibu hamil.

Deteksi Dini Kemungkinan Terburu

Mengkonsumsi susu ibu hamil serta makanan sehat saja tidak cukup. Itu hanya cara untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Diperlukan juga konsultasi kehamilan. Konsultasi ini penting untuk memastikan apa yang selama ini ibu lakukan memang bagus untuk ibu dan janin. Dengan melakukan konsultasi dengan dokter kandungan, ibu juga tahu apa yang kurang dan harus dilakukan agar janin dalamn kandungan sehat.

Sebenarnya konsultasi kehamilan ini tidak harus dilakukan dengan dokter kandungan. Ada pilihan lain seperti datang ke bidan. Saat ini pemerintah sangat menganjurkan agar ibu hamil memeriksakan kehamilannya di bidan setempat. Hal ini dilakukan oleh pemerintah untuk menekan jumlah bayi yang lahir dengan gizi buruk dan juga jumlah bayi meninggal.

Dilarang Menimang Bayi

Apakah ibu sedang dalam masa menunggu proses persalinan? Jika ya, ibu harus benar-benar menarapkan tips apa saja untuk menjaga kesehatan wanita hamil tua. Apapun keluhan kesehatan yang ibu rasakan harus ibu konsultasikan dan cari solusinya.

Ibu pasti tidak ingin harus menjauh dari sang buah hati setelah ibu melahirkan lantaran ibu terkena flu, bukan? Keluahan kesehatan seperti flu ini memang ringat sekali. Namun, jangan anggap sepele karena jika ibu flu, kemungkinan besar dokter akan melarang ibu untuk memeluk dan bersama dengan sang buah hati dalam waktu yang lama. Pasalnya, bukan tidak mungkin bayi ibu akan terkena flu.

Dari penjelasan tersebut di atas, jelas sudah bahwa kesehatan wanita hamil itu wajib dijaga. Mulai sekarang, ibu tidak boleh merasa ogah-ogahan atau malas-malasan untuk melakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan ibu. Mulailah melakukan aktivitas seperti senam ibu hamil jika masa persalinan sudah hampir tiba. Makanlah makanan yang bergizi dan jangan lupa rutin minum susu ibu hamil. Selain itu, ibu harus memperkaya ilmu tentang bagaimana cara menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*