Ingin Sekali Menjaga Kehamilan Muda Tapi Sering Susah Tidur, Apa Akibatnya?

menjaga kehamilan mudamenjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda memang tidak mudah. Apalagi jika ibu adalah seorang wanita karir. Diperlukan cara yang tepat agar ibu bisa menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan tanpa harus mengganggu pekerjaan setiap hari.

Dari berbagai keluhan kesehatan yang dialami oleh ibu hamil muda, ada satu masalah sepele tapi justru mengakibatkan hal yang buruk bagi kesahatan ibu maupun bayi di dalam kandungan, yaitu masalah insomnia. Insomnia atau susu tidur ini sering dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama. Kenapa ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Insomia Para Ibu Hamil Muda

Sebelum ibu mengetahui bagaimana cara mengatasi insomnia, terlebih dahulu ibu harus tahu penyebab insomnia. Salah satunya adalah kecemasan yang berlebihan. Sebagian besar ibu hamil muda merasa cemas atau khawatir dengan kehamilan. Di satu sisi, memang mereka bahagia karena mereka akan segera memiliki sang buah hati. Namun, di sisi lain, mereka merasa khawatir bagaimana mereka benar-benar bisa menjaga kehamilan muda hingga nanti proses persalinan nanti atau tidak.

Mereka semakin sulit untuk tidur ketika mereka stres dengan urusan pekerjaan kantor. Itulah mengapa insomnia sering dialami oleh ibu hamil yang juga seorang wanita karir. Tekanan pekerjaan yang tinggi dan sering dikejar deadline membuat mereka kepikiran terus menerus dengan pekerjaan. Akhirnya, mereka tidur tidak nyenyak. Jika ibu mengalami masalah seperti ini, ibu perlu tahu bagaimana menjaga kehamilan muda saat bekerja. Ini penting untuk ibu ketahui.

Insomnia juga sering disebabkan rasa yang kurang nyaman. Kebanyakan ibu hamil muda yang baru pertama kali mengandung merasa ada yang aneh dengan bentuk tubuhnya. Perut semakin membuncit, dada membesar, dan sering merasa nyeri pada punggung membuat tidur mereka tidak nyenyak. Mereka sering terbangun di malam hari karena ketidaknyamanan tersebut.

Dari berbagai penyebab insomnia yang sering dialami oleh ibu hamil muda tersebut, setidaknya ibu tahu apa saja yang harus ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Yang jelas, insomnia akan membuat tubuh ibu tidak fit. Jika hal ini terus ibu alami, bukan tidak mungkin ibu akan kehilangan energi dan hal tersebut akan berpengaruh pada perkembangan janin. Ibu harus ingat yang menentukan kesehatan janin tidak lain adalah ibu sendiri.

Mengatasi Insomnia Saat Hamil Muda

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab insomnia adalah ketidaknyamanan ketika tidur. Untuk itu, jika ibu merasa perut semakin membuncit, ibu bisa merubah posisi tidur dengan cara miring ke samping kanan atau kiri. Pada saat hamil muda, ibu masih bisa tidur terlentang. Hanya saja, agar ibu merasa lebih nyaman, usahakan untuk menambahkan satu bantal pada perut dan punggung.

Selain itu, penting juga bagi ibu untuk mengatur jadwa kegiatan setiap hari. Jika sebelum hamil ibu biasanya bekerja dan sering lembur, sebaiknya ibu mempertimbangkan untuk mengubah kegiatan sehari-hari ibu. Sebaiknya membuat jadwal kapan waktu untuk bekerja dan kapan waktu untuk beristirahat. Akan lebih baik jika ibu juga memiliki waktu untuk olahraga. Ini merupakan cara yang tepat untuk menjaga kehamilan muda karena kegiatan tersebut akan mengurangi stres yang juga memicu insomnia.

Dan yang paling penting lagi, hilangkan pikiran negatif. Pastikan ibu selalu berpikir positif. Usahakan ibu selalu bahagia setiap hari. Hal ini tidak hanya akan mengatasi masalah insomnia. Ibu yang bahagia saat hamil juga akan membuat janin bahagia.

Itulah hal yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi insomnia mada masa kehamilan muda. Semoga, tips tersebut di atas bisa ibu terapkan sebagai cara menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*