Info Ibu Hamil tentang Buah Segar yang Kaya Kandungan Asam Folat

info ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Info ibu hamil itu sangat penting untuk diketahui. Apalagi jika usia kehamilan baru menginjak satu atau dua bulan, ibu harus rajin mencari tahu informasi kehamilan. Bagi yang baru pertama kali hamil, banyak sekali informasi yang harus ketahui mulai dari makanan apa saja yang boleh dikonsumsi, kegiatan yang sebaiknya dihindari, dan lain sebagainya.

Dan yang paling penting mengenai info ibu hamil adalah tentang nutrisi. Banyak sekali jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan pada waktu kehamilan. Saking banyaknya, sepertinya ibu harus mengkonsumsi semua jenis makanan sehat.

Namun, tidak demikian jika ibu bijak. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil adalah asam folat. Dan nutrisi yang satu ini bisa didapatkan dari berbagai buah berikut.

Buah Pisang

Siapa sangka ternyata buah yang satu ini mengandung asam folat yang tinggi. Untuk ibu yang tinggal di daerah pedesaan, tentu tidak sulit untuk mendapatkan buah pisang. Bahkan, harganya pun jauh lebih murah. Pasalnya, banyak sekali petani yang hanya menjadikan pohon pisang sebagai pagar saja. Kalaupun berbuah, pisang dijual dengan harga yang murah. Hal ini dikarenakan mereka memang tidak fokus menjadikan pisang untuk dijual.

Dalam sehari, ibu cukup makan buah pisang 2 pisang saja. Menurut para ahli, 2 buah pisang sudah memenuhi sepertiga kebutuhan asam folat bagi tubuh ibu hamil. Setiap hari, asam folat harus dicukupi setidaknya 800 mikorgram. Jika sepertiganya sudah didapatkan dari dua buah pisang, ibu tinggal mengkonsumsi buah lain atau susu ibu hamil.

Buah Jeruk

Info ibu hamil kali ini tidak hanya menjelaskan buah yang mengandung asam folat saja, tapi juga buah yang menyegarkan. Buah jeruk contohnya. Buah jeruk ini dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C nya. Namun, ibu harus tahu buah jeruk juga kaya akan asam folat.

Satu buah jeruk sudah memenuhi kebutuhan 20% asam folat ibu hamil setiap hari. Namun, tidak itu saja. Ada manfaat lain dari buah jeruk. Ternyata, buah jeruk juga berperan aktif dalam menekan kadar racun yang terdapat di dalam pembuluh darah.

Akan tetapi, jika ibu memiliki masalah pencernaan, sebaiknya ibu konsultasi kehamilan dulu sebelum akhirnya mengkonsumsi buah jeruk. Hal ini dikarenakan masalah pencernaan justru menjadi lebih parah ketika ibu mengkonsumsi buah jeruk.

Buah Alpukat

Banyak yang bilang buah alpukat itu tinggi kadar proteinnya. Akan tetapi, tahukah ibu ternyata buah alpukat juga memiliki kadar asam folat yang tinggi?

Buah yang satu ini tergolong buah yang lebih mahal jika dibandingkan dengan dua buah mengandung asam folat sebelumnya. Namun, mengkonsumsi buah alpukat ini tidak hanya akan mencukupi kadar asam folat dalam tubuh, tapi juga menetralkan radikalbebas serta meningkatkan antibodi.

Untuk menikmati buah alpukat ini, ibu bisa memblender dan mencampurnya dengan susu coklat. Atau, ibu bisa membuat sup buah yang di dalamnya ada buah pisang, jeruk, dan juga alpukat. Pasti sangat menyegarkan sekali jika dikonsumsi di siang hari di bawah cuaca yang terik.

Itulah info lengkap tentang ibu hamil mengenai buah yang mengandung kadar asam folat. Terlepas dari itu, ibu harus tetap mengkonsumsi susu ibu hamil karena susu tersebut sudah diformulasikan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Asam folat hanya satu dari sekian banyak nutrisi penting bagi ibu hamil. Untuk lebih lengkapnya, ibu bisa membaca artikel kesehatan lainnya seputar info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*