Info Ibu Hamil tentang Berhemat Kebutuhan Bayi Setelah Lahir

info ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Info ibu hamil berikut membahas tentang persiapan yang harus dilakukan oleh para moms yang saat ini kandungnya telah memasuki bulan ke 8 atau bahkan 9. Dengan usia kandungan tersebut, berarti janin dalam kandungan anda akan segera lahir. Rasa bahagia yang bercampur dengan sedikit rasa takut mengiringi langkah anda menuju waktu persalinan.

Oleh karenanya, banyak sekali persiapan yang harus anda lakukan untuk menyambut kelahiran sang buah hati yang tinggal beberapa minggu atau bahkan hari kedepan. Beragam persiapan seperti membeli pakaian, peralatan mandi khusus bayi, tempat tidur dan lain – lain menjadi sesuatu yang lumrah dan memang seharusnya dilakukan oleh anda sebagai orang tua baru.

Tetapi, banyak diantara para moms yang melakukan persiapan kebutuhan dengan terlalu bersemangat tanpa menimbang – nimbang banyak hal salah satunya budget yang diperlukan untuk membeli barang untuk bayi anda. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Namun, anda harus memerhatikan jenis barang apa yang memang sangat diperlukan dan menjadi kebutuhan premier segera setelah anak anda lahir. Di lain sisi anda juga harus menentukan jenis barang lain yang memang belum diperlukan dalam waktu dekat.

Kesalahan dalam menentukan skala prioritas dalam membeli kebutuhan, membuat anda dan pasangan menjadi boros dan melampaui kemampuan. Hal yang mendorong pemborosan terjadi adalah para orang tua terutama moms sangat menyukai kegiatan berbelanja seperti melihat – lihat barang kebutuhan bayi baik di toko maupun secara online dan menganggap semua barang yang ditemuinya sangat lucu dan perlu.

Sikap demikian tidak akan menjadi masalah tatkala budget yang anda miliki cenderung berlebih dan tak terbatas. Namun, lain halnya jika anda masih dalam tahap “belajar” mandiri tanpa sokongan dari orang tua khususnya perihal keuangan karena sudah memiliki keluarga sendiri. Padahal dalam tahap itu, anda harus pintar – pintar menyusun strategi untuk meminimalisir budget dan berhemat.

Lalu banyak dari anda, moms, pasti penasaran tentang tips menyusun budget agar hemat dalam membelanjakan perlengkapan bayi sebelum buah hati anda lahir. Untuk itu, berikut adalah ulasannya.

  1. Membuat Daftar Perlengkapan Bayi

Info ibu hamil terkait dengan berbelanja kebutuhan bayi yang baru lahir yang harus anda ketahui adalah menyusun daftar perlengkapan bayi. Ya, banyak hal yang berkaitan dengan pembelajaan, memerlukan sebuah persiapan yang matang sebelum membeli sesuatu. Hal ini tentunya berlaku pada berbelanja kebutuhan bayi.

Jika anda ingin berhemat, daftar kebutuhan sangatlah perlu. Pasalnya, dengan menyusun daftar belanja, ketika anda berhadapan dengan toko saat akan membeli, kecendrungan anda lebih ke daftar barang yang anda telah susun. Sedangkan apabila anda langsung pergi ke toko, anda akan dihadapkan oleh banyak pilihan yang membuat anda bingung.

Dalam menyusun daftar perlengkapan bayi, anda terlebih dahulu dapat menulis semua yang memang anda perlukan terlebih dahulu. Kemudian, daftar kasar tersebut anda diskusikan dengan pasangan atau dengan orang yang lebih berpengalaman untuk kemudian memilah barang – barang apa saja dari daftar tersebut yang memang diperlukan. Pendekatan ini sangat berguna, karena akan mendapatkan daftar barang yang memang pasti diperlukan.

  1. Menghitung Jumlah dan Total Harga

Ya, langkah selanjutnya adalah anda harus menghitung jumlah barang untuk masing – masing produk dari daftar kebutuhan tersebut dan menghitung total harga yang dibutuhkan. Hal ini sangat penting, karena anda akan menyesuaikan budget yang anda miliki dengan budget yang sebenarnya diperlukan berdasarkan perhitungan yang sebelumnya telah dilakukan.

Ukur kembali jumlah barang yang akan anda beli. Misalnya untuk barang seperti baju dan celana tentunya memerlukan jumlah yang lebih sedikit daripada diapers yang hanya sekali pakai. Strategi dalam memilih dan menghitung jumlah barang kebutuhan bayi sangat tidak bisa anda lewatkan jika ingin berhemat.

  1. Melakukan Mini – Research Terkait Merk Produk dan Harganya

Selanjutnya anda sesekali menjadi seorang konsultan keuangan, anda mengumpulkan data sebanyak mungkin tentang harga untuk produk yang sama tetapi memiliki merk yang berbeda. Hal ini berguna untuk melakukan perbandingan harga dari banyak merk. Sehingga, anda akan mendapatkan jenis merk pada produk apa yang memiliki harga paling minim tetapi dengan kualitas yang baik. Selain itu, anda dapat meningkatkan kemampuan mencari tahu anda untuk melihat jenis promo dan diskon, tetapi ingat, jangan karena harga yang cenderung miring, anda mudah tergoda dan membeli secara berlebihan. Jadikan momen diskon dan promo sebagai alat anda untuk berhemat.

Sekian tips berhemat untuk anda para moms yang sedang gencar untuk berhemat saat berbelanja kebutuhan bayi saat lahir. Semoga bisa menjadi info ibu hamil yang bermanfaat. Selamat mencoba!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*