Info Ibu Hamil Seputar Boleh Tidaknya Mengkonsumsi Kelapa Muda

info ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Info ibu hamil terkadang simpang siur. Salah satunya informasi tentang boleh tidaknya mengkonsumsi kelapa muda. Mungkin ibu pernah mendengar ada ibu hamil yang justru keguguran setelah minum kelapa muda. Bahkan, ada beberapa daerah di mana masyarakatnya meyakini bahwa kelapa muda merupakan jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil.

Mungkin ibu pernah dengar kabar tentang hal tersebut. Apa jangan-jangan di daerah ibu masyarakat melarang ibu hamil mengkonsumsi kelapa muda?

Agar info untuk ibu hamil ini jelas dan kesimpangsiuran berakhir, ibu harus tahu tentang kelapa muda dari tinjauan medis.

Apa Kata Ahli Medis tentang Kelapa Muda

Satu hal yang penting dan harus ditekankan oleh para ahli kesehatan adalah kesalahan persepsi masyarakat bahwa kelapa muda ibu menjadi penyebab keguguran. Karena tidak kandungan dalam kelapa muda yang bisa mengakibatkan keguguran.

Keguguran itu diakibatkan oleh rusaknya kromosom saat pembelahan janin. Sementara itu, kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh infeksi dari mikroorganisme. Dan yang jelas, tidak ada kaitannya antara minum air kelapa muda dengan keguguran. Jika ibu hamil yang keguguran setelah minum kelapa muda, itu hanya kebetulan saja.

Bahkan, para ahli medis justru menyarankan agar ibu hamil yang sudah hampir masa persalinan sebaiknya mengkonsumsi air kelapa muda. Info ibu hamil ini harus disebarkan kepada para ibu hamil. Pasalnya, air kelapa muda bisa memperlancar proses persalinan, tidak justru yang disangkakan selama ini sebagai penyebab keguguran. Jadi, kehamilan sudah masuk usia 8 bulan, ibu bisa mengkonsumsi air kelapa muda.

Bagaimana dengan ibu hamil yang masa persalinannya belum dekat? Ibu yang hamil pada masa 6 bulan juga direkomendasikan untuk minum air kelapa muda. Ada beberapa manfaat dari minuman ini. Yang pertama, air kelapa muda bisa menghilangkan racun di dalam tubuh. Racun bisa saja masuk ke plasenta dan akan mengganggu perkembangan janin. Untuk itu, ibu bisa membuang racun di dalam tubuh dengan cara minum air kelapa muda.

Yang kedua, air kelapa muda bisa menjernihkan air ketuban. Ibu harus tahu air ketuban yang keruh sering menjadi penyebab bayi lahir dengan penyakit kuning. Jadi, ketika usia kehamilan masuk 6 bulan, minumlah air kelapa muda agar ketuban tetap bersih.

Hanya saja, ada beberapa peringatan yang harus ibu perhatikan karena ada juga efek samping yang ditimbulkan dari minum air kelapa muda ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Dari keterangan info ibu hamil di atas, jelas sudah bahwa air kelapa bisa menyebabkan keguguran itu hanya mitos belaka. Yang benar, justru minuman tersebut bisa memberi manfaat seperti memperlancar proses persalinan dan menjernihkan air ketuban.

Akan tetapi, ada satu hal yang harus ibu perhatikan. Ibu tidak boleh mengkonsumsi air kelapa muda terlalu sering. Konsumsilah air kelapa muda 1-2 kali saja pada usia kehamilan 6 bulan. Pasalnya, terlalu banyak air kelapa muda bisa berbahaya bagi perkembangan janin.

Untuk mencukup kebutuhan nutrisi ibu hamil, ibu harus selalu mengkonsumsi makanan ibu hamil yang tidak hanya sehat tapi juga baik bagi kehamilan. Makanan sehat dan baik itu makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin seperti kalsium, protein, dan juga vitamin. Sayangnya, tidak semua makanan mengandung tinggi nutrisi-nutrisi tersebut. Oleh karena itu, ibu harus terus menggali wawasan seputar info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

1 Comment on Info Ibu Hamil Seputar Boleh Tidaknya Mengkonsumsi Kelapa Muda

  1. terimakasih informasinya sangat bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*