Info Ibu Hamil Seputar Berat Badan yang Turun

info ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Info ibu hamil berikut ini layak untuk disimak terutama ibu yang sedang masa kehamilan dan sangat ingin memastikan janin dalam kandungannya sehat. Ada banyak hal yang mempengaruhi kesehatan bayi dalam rahim seperti nutrisi yang seimbang dari makanan dan minuman sehat. Namun, bagaimana jika berat badan ibu turun? Apakah itu tandanya bayi dalam kandungan kurang mendapatkan nutrisi?

Kenapa Berat Badan Turun

Sebenarnya, ada banyak penyebab kenapa justru perut ibu semakin buncit namun justru berat badan ibu turun. Yang jelas, setelah ibu mengetahui info untuk ibu hamil ini, ibu tidak perlu khawatir karena hal tersebut bukanlah hal yang membahayakan, entah bagi ibu maupun janin dalam kandungan.

Salah satu penyebab berat badan ibu turun adalah karena sering muntah. Muntah ini sering disebut dengan morning sickness. Ini merupakan reaksi yang normal khususnya ketika masa kehamilan muda. Morning sickness ini dikarenakan produksi hormone yang meningkat dan diperparah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gas. Walhasil, ibu akan sering muntah dan mengeluarkan makanan yang sudah ibu konsumsi.

Jadi, wajar jika berat badan ibu turun. Semua makanan yang ibu konsumsi ibu keluarkan kembali melalui muntahan.

Selain itu, penyebab turunnya berat badan ibu hamil lainnya adalah depresi. Depresi ini tidak selalu dikarenakan masalah yang menumpuk atau kerja yang terlalu keras. Namun, depresi saat kehamilan itu bisa juga disebabkan perubahan hormonal. Itulah mengapa jangan kaget jika ada wanita hamil yang tiba-tiba kehilangan mood. Bisa saja wanita yang biasanya ceria tiba-tiba sering marah-marah dan cenderung menjadi pendiam.

Namun, yang harus dipahami adalah depresi ini biasanya mempengaruhi nafsu makanan. Orang yang depresi biasanya kehilangan nafsu makanan sehingga ia berat badannya turun.

Jadi, menurut info ibu hamil, wajar saja jika berat badan ibu hamil turun karena mungkin saja turunnya bedan tersebut disebabkan oleh hal tersebut di atas.

Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak perlu khawatir. Untuk memastikan turunnya berat badan tidak mempengaruhi kesehatan janin, ada beberapa tindakan yang sebaiknya ibu lakukan.

Tindakan yang Bisa Ibu Lakukan Ketika Berat Badan Turun

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika berat badan ibu turun saat kehamilan. Karena turunnya berat badan bisa disebabkan hal yang tersebut di atas.

Akan tetapi, bukan berarti ibu tenang-tenang saja. Ibu sebaiknya konsultasi kehamilan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan USG. Hal ini penting untuk memastikan berat badan janin normal atau tidak. Jika berat badan ibu turun namun berat badan janin normal, maka ibu tidak perlu khawatir.

Agar muntah yang sering menyebabkan turunnya berat badan ibu hamil, ibu mengantisipasi dengan cara mengkonsumsi makanan yang tidak menimbulkan gas. Sementara itu, jika turunnya berat badan karena ibu mengalami depresi, usahakan ibu seminggu sekali refreshing seperti berenang, jalan kaki di area terbuka, atau mengikuti yoga. Kegiatan tersebut akan membuat ibu lebih fresh.

Memastikan kondisi ibu dan janin dalam keadaan sehat itu memang membutuhkan perjuangan yang keras. Selain mengkonsumsi makanan sehat, ibu juga harus tahu seluk beluk tentang kesehatan kehamilan, termasuk tentang berat badan ideal saat kehamilan.

Untuk itu, agar wawasan ibu mengenai kesehatan kehamilan semakin luas, ibu harus selalu belajar dan membaca artikel kesehatan. Update terus pengetahuan ibu tentang info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*