Info Ibu Hamil: Hindari Kopi saat Mengandung!

info ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Info ibu hamil kali ini akan membahas tentang konsumsi kopi saat ibu hamil. So, buat para moms yang rajin minum kopi setiap hari, informasi berikut ini sangat patut untuk anda ketahui. Kandungan kafein dalam kopi secara umum tidak memberikan dampak yang baik untuk anda, terlebih lagi untuk janin yang sedang anda kandung.

Sehingga kopi menjadi salah satu jenis asupan yang harus dicoret dari daftar menu harian anda para moms. Rasa nikmat yang disajikan kopi tidak sebanding dengan buah hati dalam janin yang anda kandung. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasannya.

Menyebabkan Keguguran

Para moms tentunya telah mengetahui bahwa kopi mengandung salah satu zat yang bernama zat kafein. Kopi dalam jenis apapun, tentunya memiliki kandungan kafein meskipun dalam takaran yang bervariasi. Efek yang ditimbulkan oleh zat kafein pada konsumsi kopi harian para moms dapat meningkatkan detak jantung anda dan janin yang sedang dikandung. Detak jantung yang terlalu cepat dapat membahayakan kesehatan janin.

Selain itu, berdasarkan penelitan, kandungan zat kafein dapat mengurangi kemampuan ibu dalam menyerap zat besi yang diperlukan oleh bayi. Dampaknya perkembangan janin dalam kandungan dapat terganggu dan meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran.

Lalu, bagaimana jika kopi yang dikonsumsi lebih dari 1 cangkir setiap hari? Moms, harap diperhatikan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi kopi 8 atau lebih cangkir setiap harinya memiliki resiko keguguran 2 kali lipat lebih tinggi dari para ibu yang mengonsumsi dalam takaran lebih sedikit atau yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

Dilain pihak, beberapa dokter masih memperbolehkan konsumsi kopi namun dalam dosis yang cenderung rendah. Satu cangkir kopi di pagi hari dapat meningkatkan produktivitas para ibu hamil yang disaat yang bersamaan harus menjadi wanita karier dan wanita hamil. Dalam satu cangkir kopi terdapat sekitar 25 – 50mg kafein. Dan angka tersebut masih pada kadar aman untuk jumlah kafein yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menghindari kemungkinan kematian pada janin.

Bayi Lahir tetapi Memiliki Kelainan Fisik

Info ibu hamil selanjutnya terkait dengan konsumsi kopi adalah ketika ibu hamil gemar mengonsumsi kopi saat mengandung adalah kelainan fisik. Jika pada pembahasan pertama, kandungan kafein memungkinkan untuk terjadinya keguguran. Maka, pada beberapa kasus, bayi yang dikandung berhasil lahir namun dengan kelainan fisik. Kelainan fisik merupakan pengaruh dari ketidakmampuan rahim ibu untuk memecah zat kafein.

Pada rahim terdapat plasenta yang merupakan jalur untuk mengedarkan makanan dari ibu ke rahim. Zat kafein secara langsung melewati plasenta dan masuk kedalam janin tanpa adanya proses pemecahan sebelumnya. Hal inilah yang apabila secara terus menerus terjadi, dapat menyebabkan bayi yang nantinya lahir akan memiliki kelainan fisik.

Resiko Anak Hiperaktif dan Terjangkit Leukimia

Hal terakhir yang harus dipertimbangkan adalah kandungan kafein yang terdapat pada kopi telah disimpan lama oleh kandungan dalam rahim ibu. Intensitas dan kuantitas jumlah kafein yang kian bertambah seiring dengan pertumbuhan pada janin dapat menyebabkan anak yang lahir mengalami hiperaktif akibat gangguan pada sistem otak dan syaraf. Gangguan tersebut menimbulkan lonjakan energi yang membuat anak bergerak lebih atau terlalu aktif.

Selain hiperaktif, penyakit akut seperti leukimia juga dapat terjangkit pada anak yang selama kandungan mendapat pasokan kopi dari ibu yang mengandung. Berdasarkan sebuah media kesehatan Amerika mengungkapkan bahwa kemungkinan terjadinya leukimia pada janin disebabkan oleh ibu yang mengandung mengonsumsi lebih dari 2 cangkir perhari. Kafein yang tidak dapat dipecah dan diproses dalam rahim akan merusak produksi sel darah merah terutama pada bagian sum – sum tulang belakang. Akibatnya jumlah sel darah marah yang hilang tidak sebanding dengan jumlah yang berhasil di produksi.

Sudah saatnya para ibu bijak seperti anda mulai bepikir untuk tidak mengonsumsi kopi atau paling tidak mengurangi jumlah kopi yang diminum. Sekian penjelasan terkait info ibu hamil untuk konsumsi kopi para moms.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*