Ibu Modern Lebih Sulit Memperhatikan Tumbuh Kembang Balita. Ini Alasannya

Tumbuh Kembang Balita https://www.facebook.com/ibudanbalita/?fref=ts

Tumbuh kembang balita perlu sekali untuk diperhatikan. Apalagi jika usianya sudah menginjak 3 tahun, ibu harus ekstra perhatian. Usia 3 tahun merupakan usia keemasan si kecil di mana ia akan banyak belajar. Dengan memperhatikan tubuh kembang sang buah hati, ibu jadi mengerti potensi anak seperti apa. Bahkan, ibu bisa melihat bakat si kecil itu di bidang apa.

Sayangnya, ibu modern saa ini bisa dikatakan sulit untuk benar-benar memperhatikan tumbuh kembang balita. Bukan karena mereka tidak bisa atau tidak mampu, tapi lebih dikarenakan kebiasaan sehari-hari yang membuat mereka tidak begitu memperhatikan tumbuh kembang anak.

Apakah ibu juga seperti itu?

Lebih Banyak Waktu Bermain Gadget

Tidak bisa disangkal lagi bahwa gadget sangat merubah gaya hidup. Semua orang yang memiliki gadget hampir memiliki masalah yang sama, yaitu kecanduan. Memang bukan kecanduan dalam artinya yang sebenarnya. Akan tetapi, setidaknya kebanyakan orang saat ini tidak bisa berpaling dari gadget.

Bahkan, jika mereka sudah bermain dengan media sosial, sepertinya setiap menit harus mengecek media sosial mereka. Jika ada notifikasi, mereka akan segera mengecek notifikasi di media sosial tersebut. Sekalipun tidak ada notifikasi, mereka dengan senang hati mengulik apa saja yang ada di media sosial melalui gadgetnya.

Hal ini pula yang terjadi pada kebanyakan ibu modern sekarang ini. Saat mengasuh anak, mereka justru lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain gadget untuk membuat akun media sosialnya. Lalu, pertanyaanya adalah bagaimana bisa mereka efektif memperhatikan tumbuh kembang balita?

Mungkin tidak menjadi masalah jika mereka membuat akun media sosial ketika waktu luang atau ketika si kecil sedang tidur. Namun, kebanyakan justru membiarkan si kecil bermain sendiri atau menonton TV sendiri sementara mereka berselancar di dunia maya menggunakan gadget.

Waktu Habis untuk Bekerja

Selain gadget, para ibu modern sekarang ini juga kebanyakan adalah wanita karir. Mereka berangkat kerja dari pagi hingga sore hari. Bahkan, ada juga yang harus pulang rumah di malam hari.

Tentu saja tidak ada masalah dengan seorang wanita karir. Akan tetapi, harus ada porsi waktu untuk bermain dan memperhatikan perkembangan balita. Setidaknya, jika mereka harus berangkat pagi dan pulang ke rumah hingga malam hari, para ibu modern memiliki waktu pada waktu weekend khusus untuk sang buah hati.

Anehnya, justru banyak yang menggunakan weekend untuk istirahat sementara sang buah hati seolah-olah diserahkan sepenuhnya kepada pembantu. Lalu, kapan ibu memiliki waktu untuk bermain dan memberikan peran layaknya seorang ibu untuk tumbuh kembang balita?

Yang pasti, tidak ada masalah dengan karir asal ibu bisa membagi waktu antara pekerjaan dan peran sebagai ibu. Dan yang terpenting, ibu harus memperhatikan betul-betul perkembangan balita.

Bagaimana dengan ibu? Apakah selama ini ibu sudah memberikan perhatian yang cukup untuk sang buah hati? Jangan menyesal jika anak ibu nanti justru merasa tidak mendapatkan kasih sayang dari seorang ibu.

Ibu harus bijak dalam mengatur waktu. Sekarang, tanggungjawab ibu semakin berat. Masa depan sang buah hati sangat dipengaruhi oleh peran ibu dalam memberikan perhatian kepada si kecil.

Ajaklah si kecil untuk bermain. Pilihkan mainan yang tepat untuk si kecil, yaitu permainan yang bisa ibu mainkan bersama si kecil khususnya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*