Hubungan antara Ngidam dengan Cara Menjaga Kehamilan

cara menjaga kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Cara menjaga kehamilan itu terdengar sangat mudah. Akan tetapi, tidak sedikit para wanita hamil yang gagal menerapkan tips menjaga kehamilan. Contoh kecilnya saja adalah bagaimana kebiasaan wanita hamil yang lebih sering mengkonsumsi fast food atau makanan cepat saji.

Meskipun memang makanan seperti ini bukanlah makanan yang dilarang untuk dikonsumsi para wanita hamil, akan tetapi mereka harus tahu makanan tersebut jenis makanan yang tidak memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Itu hanya salah satu contoh saja betapa sulitnya menerapkan tips atau cara menjaga kehamilan. Belum lagi dengan keinginan-keinginan yang ternyata tidak baik untuk kesehatan janin dalam kandungan. Sayangnya keinginan tersebut sering dikatakan ngidam. Dan bagi masyarakat, mereka percaya jika wanita hamil ngidam dan keinginannya tidak terpenuhi, maka ada konsekuensi yang terjadi pada anak yang dilahirkan nanti.

Bagaimana jika hal tersebut terjadi pada ibu? Apakah kekeuh menerapkan cara menjaga kehamilan atau mengikuti keinginan atau ngidam yang mungkin bisa mengganggu kesehatan janin dalam kandungan?

Ngidam versi Medis

Sebenarnya, para ahli medis sudah menjelaskan bahwa tidak ada kaitannya sama sekali antara ngidam dengan perkembangan anak yang dilahirkan nanti. Para ahli medis justru menjelaskan bahwa ngidam itu respon badan karena kekurangan nutrisi wanita hamil tertentu. Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka tubuh akan meminta zat besi di mana ibu akan terdorong untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Jadi, tidak ada hal yang aneh dan tidak bisa dijelaskan secara medis seputar ngidam ini. Bahkan, jika ibu ngidam makanan yang sehat, itu justru hal yang baik karena tubuh ibu secara otomatis memerintahkan diri untuk menerapkan cara menjaga kehamilan. Sayangnya, sering kali wanita hamil ngidam makanan yang ternyata bisa mengganggu kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan. Lalu, apa yang harus ibu lakukan jika hal tersebut terjadi?

Cara Mengatasi Ngidam

Jadi, jika ibu ngidam makanan yang sehat, anggap saja itu cara tubuh ibu mengajak diri ibu untuk menerapkan cara menjaga kehamilan. Lalu, bagaimana jika ibu ngidam makanan yang tidak sehat?

Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan agar bisa mengendalikan ngidam terhadap makanan yang tidak sehat. Yang pertama, ibu bisa mengalihkan dengan makanan yang lain. Sebenarnya, ibu hamil yang ngidam itu dikarenakan juga ketertarikannya terhadap makanan tertentu. Hal itu juga yang menjadi pendorong ibu hamil ngidam terhadap makanan tertentu. Oleh karena itu, ketika makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan ibu hamil, alihkan dengan memikirkan makanan favorit lainnya yang sehat untuk dikonsumsi.

Selain itu, perlu juga untuk melakukan olahraga ringan. Jalan kaki serta berenang menjadi cara menjaga kehamilan. Namun, siapa sangka olahraga ringan tersebut juga bisa mengendalikan ngidam. Pasalnya, olahraga akan membuat peredaran darah lancar sehingga sistem metabolisme dalam tubuh akan semakin baik. Dengan tidak sadar, ngidam terhadap makanan yang tidak sehat akan hilang.

Terlepas dari itu semua, penting sekali bagi ibu untuk menerapkan tips menjaga kehamilan selain juga mencegah atau mengendalikan ngidam terhadap makanan yang tidak sehat. Dan yang pasti, ibu harus konsisten menerapkan tips tersebut. Semangati diri sendiri agar ibu tidak lupa dan tidak merasa malas untuk menerapkan tips tersebut karena semua itu tidak lain hanya untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan. Jadi, konsistensi itu sangat diperlukan dalam menerapkan cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*