Hindari Mie Instan untuk Menjaga Kehamilan Muda

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Menjaga kehamilan muda bukanlah perkara sulit apabila para moms sudah tau cara – cara yang tepat untuk melakukannya. Memastikan kesehatan diri dan buah hati dalam kandungan merupakan hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kehamilan. Selain itu, gaya hidup yang seimbang dan didukung dengan pola makan yang teratur dapat memberikan hasil yang maksimal dan dapat berpengaruh pada kesehatan dari janin yang dikandung. Pola makan yang dilakukan tidak hanya teratur tetapi harus didukung dengan asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi.

Dengan keterbatasan waktu, kadang kala untuk mempersiapkan makanan 4 sehat 5 sempurna sangatlah sulit. Terutama bagi para ibu muda yang masih aktif berperan sebagai wanita karier. Sehingga, masih sering mengonsumsi mie instan karena cepat dan mengenyangkan. Namun, apakah mie instan tersebut cukup aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Apakah nutrisi yang terkandung cukup untuk membantu perkembangan bayi dalam kandungan? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Menyebabkan Keguguran

Hal pertama yang harus diketahui adalah konsumsi mie instan dapat menyebabkan keguguran. Tidak heran bahwa keguguran mungkin saja terjadi apabila konsumsi mie instan secara berlebihan pada ibu hamil. Meskipun mie instan itu sendiri memiliki kandungan tepung yang dapat menambah energi bagi ibu hamil, tetapi masih banyak komposisi dari mie instan yang kurang baik untuk rahim dalam kandungan seorang ibu hamil. Keguguran dapat disebabkan oleh kandungan lilin pada mie instan yang dapat dicerna oleh tubuh 1 minggu kemudian setelah konsumsi. Karena apa saja yang dimakan oleh ibu, akan dialirkan ke bayi melalui plasenta, sehingga kandungan lilin pada mie instan tidak baik untuk kesehatan janin yang dapat menyebabkan kematian dini pada kandungan.

Kandungan MSG

Menjaga kehamilan muda berarti mengonsumsi beragam jenis makanan yang sehat. Dan Mono Sodium Glutamat atau MSG tidak masuk dalam kategori bahan makanan sehat. Ada beberapa alasan yang menyebabkan MSG pada mie instan berdampak negatif terhadap kehamilan. Diantaranya yaitu reaksi hipersensitif bagi ibu hamil. Muntah, lemas, nyeri kapala, dan mual merupakan ciri – ciri reaksi hipersensitif pada ibu hamil. Konsumsi mie instan beserta MSG yang dikandungnya dapat menyebabkan hal demikian.

Menggangu Metabolisme Tubuh

Tidak dipungkiri bahwa pada mie instan terdapat bahan pengawet yang berguna untuk memaksimalkan ketahanan waktu dari mie tersebut. Tetapi, alih – alih membuat mie tersebut dapat dikonsumsi dalam jangka waktu lama, penggunaan bahan pengawet dapat berdampak pada gangguan metabolisme dari tubuh ibu hamil yang mengkonsumsinya. Gangguan metabolisme tersebut dapat menyebabkan penyakit pada ibu seperti kanker dan diabetes.

Meskipun berdasarkan ulasan diatas terlihat bahwa mie instan tidak sehat namun sesekali konsumsi mie instan masih diperbolehkan. Yang terpenting adalah frekuensi konsumsi dan cara penyajiannya yang masih dapat ditolerir. Perhatikan juga, meskipun mie instan cukup mengenyangkan namun tidak dapat dijadikan makanan pokok seorang ibu hamil. Jumlah energi yang disumbangkan oleh mie instan tidak setara dengan nutrisi yang dikandung.

Selain itu, penyajian mie instan juga memegang peranan penting dalam mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila mengonsumsi mie instan saat hamil. Kombinasikan mie instan dengan beragam sayur mayur seperti wortel, tomat, dan lain – lain yang dapat menambah variasi cita rasa sekaligus meningkatkan nilai gizi dari mie instan yang dikonsumsi.

Oke moms, sekian ulasan dan tips saat mengonsumsi mie instan bagi para ibu yang sedang melakukan program menjaga kehamilan muda. Selamat mencoba!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*