Hindari Datang Ke Pesta sebagai Cara Menjaga Kehamilan Muda

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda penuh dengan perjuangan. Apalagi bagi ibu yang sering datang ke acara pesta. Sebaiknya ibu berpikir kembali jika masih ingin sering datang ke pesta saat ibu sedang hamil muda.

Sekilas tidak ada hubungan yang signifikan antara pergi pesta dengan kehamilan. Apakah pesta bisa mengganggu kesehatan janin di dalam kandungan? Sepertinya tidak mungkin, kan?

Namun, pertimbangkan kembali jika ibu ingin benar-benar menjaga kehamilan muda apakah masih ingin datang ke pesta atau duduk manis santai di rumah saja. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pesta Bisa Mengganggu Perkembangan Janin

Kenyataannya memang demikian. Pesta bisa mengganggu perkembangan janin yang ibu kandung saat ini. Tentu saja ada alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Saat hamil muda terutama ketika masa kehamilan sudah mencapai usia 2-3 bulan, ibu harus tahu sistem saraf serta organ tubuh janin sudah mulai terbentuk. Lain hal jika usia kehamilan baru berusia beberapa hari saja.

Pada saat usia kehamilan 2-3 bulan itulah yang berbahaya jika ibu datang ke pesta. Hingar bingar suara musik yang keras bisa mempengaruhi perkembangan pendengaran si kecil. Seperti yang ibu ketahui, pada usia tersebut, janin sudah bisa mendengar suara dari luar. Jadi, salah satu cara untuk menjaga kehamilan muda adalah menghindari hingar bingar suara yang terlampau keras. Itu artinya ibu sebaiknya tidak datang ke pesta yang seperti itu.

Bagaimana jika pesta yang tidak ada suara hingar bingar musik? Hal tersebut tentu tidak masalah. Akan tetapi, pertimbangkan juga hal yang lain.

Makanan yang Disajikan Saat Pesta

Apakah ibu yakin makanan yang disajikan saat pesta itu sehat dan baik bagi ibu? Hal ini juga harus ibu jadikan pertimbangan selain karena suara musik yang keras.

Menjaga kehamilan muda yang paling sulit sebenarnya adalah memilih makanan yang sehat. Bahkan, sehat saja tidak cukup. Pasalnya, tidak semua makanan sehat itu baik bagi ibu hamil lho. Contohnya saja coklat. Tentu saja coklat apalagi yang mengadung susu itu sangat sehat, bukan? Tapi makanan tersebut tidak bagi jika dikonsumsi ibu hamil yang rentan terhadap keluhan kesehatan berupa obesitas.

Tentu saja tidak masalah jika ibu datang ke pesta. Asal ibu bisa menerapkan cara menjaga kehamilan muda yaitu memilih makanan yang sehat dan baik untuk ibu hamil, ibu boleh saja pergi ke pesta. Akan tetapi, ibu harus siap untuk tidak mengkonsumsi apapun jika ternyata di acara pesta tersebut tidak ada makanan yang sehat dan baik untuk ibu hamil ya.

Menerapkan pola hidup yang sehat sebagai cara menjaga kehamilan muda bukanlah hal yang mudah. Semua ibu hamil mungkin saja tahu makanan apa yang boleh dan tidak boleh dimakan. Mereka juga tahu kegiatan apa yang membahayakan bagi ibu dan janin. Namun, tidak sedikit dari mereka yang melanggarnya karena kondisi atau keadaan tertentu.

Contohnya saja datang ke pesta. Apalagi pesta yang diadakan hingga larut malam. Padahal, seorang ibu hamil perlu istirahat yang lebih banyak, bukan? Tidur terlalu larut jelas bukan bagian dari cara menjaga kehamilan muda.

Untuk itu, konsistensi yang dibutuhkan. Mungkin ibu harus “puasa” melakukan hal menyenangkan namun membahayakan bagi perkembangan janin selama 9 bulan masa kehamilan. Atau, kehamilan bisa ibu jadikan momen yang tepat untuk mengubah gaya hidup tidak sehat dengan cara membiasakan diri menerapkan cara menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*