Hamil Muda dan Cara Merawatnya

hamil muda www.facebook.com/ibudanbalita

Hamil muda itu bisa diibaratkan anak kecil, mudah jatuh dan mudah sakit. Pada masa kehamilan muda, ibu harus benar-benar menjaga kandungan karena rawan sekali terjadi keguguran. Beberapa ibu hamil yang akhirnya keguguran dikarenakan kelalain mereka dalam merawat kandungan yang masih masuk dalam tahap kehamilan muda.

Bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan muda, ibu harus mengurangi aktivitas fisik seperti olahraga, fitness, jogging, dan lain sebagainya. Kegiatan yang membuat goncangan akan membahayakan perkembangan janin dalam kandungan.

Itulah mengapa ketika kehamilan muda, ibu hamil dilarang pergi kemana-mana. Mereka disarankan lebih banyak diam di rumah saja. Hindari juga bepergian jauh menggunakan kendaraan karena goncangan sedikit saja bisa mengakibatkan keguguran.

Lalu, tidakkah ada aktivitas lain yang direkomendasikan? Tentu saja ada, yaitu senam ibu hamil. Gerakan senam ini sama sekali tidak membahayakan janin dalam kandungan. Bahkan senam ini sangat disarankan agar kebugaran ibu terjaga selama masa kehamilan. Selain itu, senam ini juga akan mempermudah proses persalinan nanti. Kemungkinan besar, persalinan akan dilakukan secara normal.

Mengenai makanan, sebaiknya ibu mengkonsumsi seafood. Menurut ahli gizi, seafood seperti udang, ikan tuna, dan jenis ikan laut lainnya sangat baik perkembangan saraf janin. Mengkonsumsi berbagai macam seafood akan membuat janin cerdas mulai dari dalam kandungan. Jadi, ibu harus benar-benar ekstra hati-hati dalam merawat janin saat hamil muda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*