Hal yang Mungkin Terjadi Saat Perkembangan Janin Melewati 9 Bulan

perkembangan janin https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin dikatakan normal jika usianya hingga 9 bulan. Setelah melewati masa itu, janin akan dilahirkan ke dunia. Akan tetapi, tidak jarang janin berada di dalam kandungan dengan usia melebihi 9 bulan. Apakah itu aneh?

Sesungguhnya tidak aneh jika ada janin yang belum lahir padahal usia kehamilan sudah lebih dari 9 bulan. Hanya saja, umumnya, janin akan lahir ke dunia saat usianya mencapai 9 bulan.

Adakah hal yang perlu dikhawatirkan ketika perkembangan janin mencapai usia lebih dari 9 bulan? Tentu saja karena ini hal yang diluar normal, maka ada beberapa hal yang perlu ibu waspadai.

Masalah yang Timbul Saat Usia Kehamilan Melewati 9 Bulan

Dari sekian banyak kasus di mana perkembangan janin melewati usia 9 bulan, umumnya dikarenakan adanya masalah yang dialami oleh janin. Salah satunya adalah masalah obesitas. Janin di dalam kandungan bisa juga mengalami obesitas atau kegemukan. Jadi, bukan hanya ibu saja yang bisa mengalami obesitas ya. Obesitas yang dialami oleh janin biasanya dikarenakan asupan nutrisi yang terlalu banyak.

Itulah mengapa ibu hamil harus rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan. Jika perlu, setiap bulan ibu memeriksakan perkembangan janin dengan cara melakukan pemeriksaan USG. Cara ini sangat tepat untuk memastikan berapa berat badan ibu dan berapa berat badan bayi yang ada di dalam kandungan. Dengan mengetahui hal tersebut, resiko janin mengalami masalah obesitas bisa diturunkan serta besar kemungkinan sang buah hati akan lahir normal, tidak melewati usia kandungan 9 bulan.

Masalah yang lain selain obesitas adalah posisi janin yang melintang. Sebenarnya, hal ini bisa diantisipasi. Jika ibu konsultasi dengan dokter lebih intens ketika usia kehamilan sudah mencapai trimester ketiga, ibu bisa mengetahui semua hal terkait dengan perkembangan janin, terutama seputar posisi janin sudah siap untuk dilahirkan secara normal atau tidak.

Jika posisi janin melintang, yang mungkin terjadi adalah bayi akan lebih lama di dalam rahim. Dokter biasanya akan mengambil tindakan berupa operasi caesar. Walaupun ibu belum merasa ada tanda-tanda bahwa sang buah hati akan lahir, demi keselamatan ibu dan juga bayi di dalam kandungan, operasi caesar menjadi tindakan yang sering dilakukan oleh dokter.

Tentu masih banyak lagi masalah terkait dengan perkembangan janin melebihi 9 bulan. Jika ibu sekarang sedang hamil dan usia sudah mendekati 9 bulan, maka sebaiknya ibu menerapkan beberapa tips agar terhindar dari masalah tersebut.

Tips yang Perlu Ibu Lakukan

Pertama-tama, ibu harus memastikan nutrisi yang ibu berikan kepada janin melalui makanan yang ibu konsumsi setiap hari tidak berlebihan. Hal ini penting agar terhindar dari masalah obesitas terhadap ibu dan juga bayi yang ibu kandung.

Hal lain yang perlu ibu lakukan adalah melakukan senam ibu hamil. Sebenarnya, tidak wajib bagi setiap ibu hamil untuk melakukan senam ini. Hanya saja, gerakan pada senam ibu hamil ini memang sangat baik agar membuat posisi bayi sudah baik dan siap untuk menghadapi proses persalinan.

Perkembangan janin sangat ditentukan dari bagaimana ibu melakukan aktifitas dan juga pola makan ibu setiap hari. Jika hal tersebut sudah ibu lakukan, kemungkinan besar ibu tidak akan mengalami permasalahan bayi di dalam kandungan melewati usia 9 bulan. Akan tetapi, jika hal itu terjadi, ibu tidak perlu terlalu khawatir dengan perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*