Hal Kecil yang Bisa Ibu Lakukan sebagai Cara Menjaga Kehamilan

Cara menjaga kehamilan yang satu ini lain daripada yang lain. Ibu tidak boleh hanya berpikir bahwa menjaga kehamilan hanya bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan beraktifitas seperti olahraga berupa senam ibu hamil.

Kesehatan ibu hamil itu tidak hanya berhubungan dengan fisik saja. Psikis seorang ibu hamil juga sangat penting. Hal ini dikarekanan psikis yang kurang baik bisa berakibat buruk terhadap kesehatan fisik. Contohnya saja jika selama kehamilan ibu lebih sering stres karena tekanan pekerjaan, maka secara tidak sadar kondisi kesehatan ibu akan drop, nafsu makan berkurang, stamina terkuras, dan lain sebagainya.

Jadi, cara berpikirnya harus dirubah. Cara menjaga kehamilan itu harus diterapkan untuk menjaga kesehatan psikis. Untuk itu, beberapa kecil dan kelihatannya sepele berikut ini sebaiknya ibu lakukan untuk memastikan psikis ibu baik dan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan juga bagi.

Bersendau Gurau dengan Suami

Berapa kali dalam satu minggu ibu meluangkan waktu untuk bersantai di rumah, ngobrol dan bersedau gurau dengan suami? Sayang sekali jika hanya waktu weekend saja yang ibu habiskan untuk bersantai dengan suami.

Saat weekend tiba, itu merupakan waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkan di luar seperti jalan sehat, berenang, ikut program yoga ibu hamil, atau senam ibu hamil. Sementara itu, waktu yang bercanda dengan suami harusnya setiap hari setidaknya ketika malam hari saat ibu dan suami beristirahat.

Cara menjaga kehamilan yang satu ini sangat mudah untuk diterapkan, bukan? Dan hasilnya pun luar biasa. Dengan membiasakan memiliki quality time dengan suami, maka ibu akan menekan resiko mengalami stres. Jelas ini bagus sekali untuk kesehatan janin dalam kandungan.

Meminta Suami untuk Memijat Kaki

Selain bersendau gurau, ibu juga bisa meminta suami untuk memijat kaki. Ada tips menjaga kehamilan berupa cara memijat kaki seorang ibu hamil. Akan tetapi, jika suami ibu tidak tahu bagaimana memijat yang tepat, setidaknya suami ibu memijat kaki ibu perlahan-lahan tanpa harus menekan persendian kaki secara kuat.

Pijatan seperti itu akan membuat ibu rileks. Namun, yang paling penting, peredaran darah akan lancar sehingga ibu tidak mudah mengalami kram. Selama masa kehamilan, kaki akan mudah mengalami kram karena kaki menopang tubuh yang semakin berat. Jadi, mintalah suami untuk memijat kaki setidaknya di malam hari sebelum ibu tidur.

Kontemplasi

Melaukan kontemplasi merupakan cara menjaga kehamilan untuk meredakan stres. Seberat apapun pekerjaan yang ibu lakukan setiap hari, hal tersebut tidak akan membuat ibu depresi atau stres, jika ibu sering melakukan komtemplasi.

Ibu cukup dengan duduk bersila dan memejamkan mata. Pikirkan hal-hal positif agar ibu merasa tenang. Untuk sementara waktu, lupakan kesibukan setiap hari. Akan lebih efektif jika ibu melakukan kontemplasi di ruangan yang sudah ada aromaterapinya.

Sebenarnya, kontemplasi itu hampir sama dengan yoga. Setidaknya tujuannya sama, yaitu agar tubuh rileks dan terhindar dari stres. Hanya saja, yoga biasanya dikombinasikan dengan gerakan-gerakan tertentu sehingga membutuhkan instruktur. Sementara itu, kontemplasi bisa ibu lakukan sendiri di rumah kapanpun ibu butuhkan.

Kesimpulannya, kesehatan wanita hamil itu tidak hanya dipegaruhi oleh nutrisi yang didapatkan dari makanan sehat dan juga susu ibu hamil. Kesehatan seorang wanita hamil juga dipengaruhi oleh psikisnya. Oleh karena itu, jika ibu ingin sehat mulai awal masa kehamilan hingga nanti tiba waktunya persalinan, perhatikan kesehatan psikis ibu dan terapkan tips tentang cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*