Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Perkembangan Janin Sudah Masuk Usia 4 Bulan

perkembangan janin https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin yang sudah pada usia 4 bulan sudah sangat kelihatan sekali. Janin sudah bisa mulai menggerakkan organ tubuhnya seperti menendang atau berganti posisi. Pergerakan itu bisa ibu rasakan, terutama jika ibu mencoba mengajaknya berbicara atau meraba perut ibu. Janin biasanya akan merespon dengan sebuah gerakan.

Sementara itu, ibu juga akan melihat bahwa perut ibu semakin besar. Jika pada usia kehamilan 3 bulan ibu masih biasa menggunakan celana ketat, pada usia 4 bulan, ibu harus menyimpan semua pakaian ketat ke dalam almari sampai masa persalinan. Pada usia kandungan 4 bulan, ibu akan mulai menggunakan pakaian yang longgar. Hal ini dikarenakan perut ibu yang mulai membesar sehingga tidak mungkin ibu masih menggunakan pakaian ketat.

Namun, bukan itu yang perlu ibu perhatikan ketika perkembangan janin sudah mencapai usia 4 bulan. Setidaknya, ada 5 hal yang harus ibu ketahui.

  • Susah Tidur

Jangan khawatir jika ibu akan mengalami susah tidur atau insomnia. Hal ini sangat wajar terjadi terutama ketika kandungan memasuki usia 4 bulan. Ibu tidak perlu mengkonsumsi obat tidur karena obat kimiawi itu sangat berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan. Ibu bisa mencoba makan sayur kangkung. Menurut ahli gizi, kangkung bisa mengatasi masalah insomnia tanpa mengganggu kesehatan janin dalam kandungan.

  • Posisi Tidur

Pada usia kehamilan 4 bulan, perut ibu akan semakin membuncit. Ibu akan merasakan beban yang semakin berat. Oleh karena itu, perhatikan posisi tidur. Menurut dokter kandungan, posisi tidur terbaik bagi ibu hamil 4 bulan adalah menyamping. Dengan posisi tidur seperti ini, pembuluh darah tidak akan tertekan oleh berat rahim. Sementara itu, jika terlentang, pembuluh darah akan tertekan dan ibu akan merasa pusing lantaran darah yang dialirkan ke jantung tidak lancar.

  • Hilang Keseimbangan

Jika sekarang perkembangan janin dalam kandungan sudah masuk usia 4 bulan, hindarilah menggunakan sepatu hak tinggi. Pada usia kehamilan ini, ibu akan merasa lebih berat sehingga ibu akan sering kehilangan keseimbangan. Simpan dulu sepatu high heels dan gantilah dengan sandal atau sepatu flat.

  • Waspadai Pendarahan

Pada masa kehamilan 4 bulan, pendarahan rentan sekali terjadi. Biasanya, tanda-tanda awal akan terjadi pendarahan adalah gatal-gatal yang berlebihan. Rasa gatal ini dikarenakan ada gangguan pada organ hati. Menurut dunia medis, ini disebut kolestasis obstetrik.

Itulah mengapa konsultasi kehamilan secara rutin itu harus dilakukan. Konsultasi tidak harus dilakukan dengan dokter kandungan. Ibu juga bisa berkonsultasi dengan bidan.

  • Rasa Nyeri pada Bagian Paha

Apakah ibu sering merasakan nyeri pada bagian paha? Itu namanya nyeri saraf skiatik. Rasa nyeri ini paling sering dirasakan oleh ibu hamil usia 4 bulan. Jadi, ibu tidak perlu khawatir. Akan tetapi, jika rasa nyeri tersebut berlebihan, segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan untuk mendapatkan saran secara medis.

Itulah beberapa hal yang perlu ibu perhatikan jika usia janin sudah mencapai 4 bulan. Untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan, tentu saja ibu akan melakukan apapun, bukan?

Yang pasti, konsultasikan dengan dokter atau bidan seputar keluhan yang ibu alami agar resiko masalah buruk yang mungkin terjadi pada janin bisa ditanggulangi. Selain itu, konsultasikan setidaknya satu bulan sekali seputar perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*