Hal Aneh yang Mungkin Ibu Belum Ketahui Seputar Perkembangan Janin 3 Bulan

perkembangan janin https://www.facebook.com/FrisoIndonesia

Perkembangan janin menjadi hal yang mutlak untuk diperhatikan. Dengan cara ini, ibu akan tahu apakah janin dalam kandungan berkembangan normal atau justru mengalami perlambatan. Dengan demikian, ibu jadi tahu apa yang harus ibu lakukan jika ternyata ada perlambatan pada perkembangan bayi dalam kandungan.

Mengenai perkembangan janin 3 bulan, ada beberapa hal yang mungkin tidak ketahui. Ada hal yang aneh yang membuat ibu akan terkagum-kagum dengan ciptaan Tuhan ini. Apa saja hal yang dimaksud tersebut?

Tumbuh Rambut

Apakah ibu tahu ternyata janin yang sudah memasuki usia 3 bulan sudah terlihat ada rambut yang tumbuh? Menurut dokter kandungan, pada saat perkembangan janin memasuki masa trimester kedua, sudah ada rambut yang tumbuh. Dalam dunia medis, rambut tersebut disebut dengan lanugo. Lanugo ini merupakan rambut halus yang sudah tumbuh.

Ternyata, lanugo ini sangat penting bagi janin untuk melindungi diri. Rambut halus ini digunakan agar kulit terlindungi dari cairan ketuban. Jadi, sejak masih di dalam kandungan, janin sebenarnya sudah berusaha untuk melindungi diri sendiri. Lanugo ini akan hilang ketika ia terlahir di dunia.

Selain itu, rambut juga sudah mulai tumbuh pada bagian kepala. Sayangnya, tanda-tanda perkembangan janin berupa tumbuhnya rambut ini tidak bisa terlihat melalui pemeriksaan USG.

Pita Suara

Selain tumbuhnya rambut halus yang disebut dengan lanugo tadi, salah satu tanda perkembangan bayi saat usia kehamilan 3 bulan adalah sudah terbentuknya pita suara. Hal ini dikarenakan otot pada mulut sudah terbentuk sempurna.

Dengan pembentukan otot mulut ini sebenarnya bukan hanya pita suara saja yang sudah sempurna, tapi juga kemampuan mulut untuk membuat dan menutup. Janin juga sudah mulai bisa menelan dan menyedot karena otot mulut yang sudah kuat ini.

Gerakan Janin

Untuk yang satu ini, pasti ibu sudah tahu. Banyak sekali artikel tentang perkembangan janin 3 bulan yang membahas hal ini. Akan tetapi, apakah ibu tahu apa yang membuat janin dalam kandungan bergerak?

Ternyata, cahaya serta suara merupakan faktor yang membuat janin dalam kandungan bergerak. Ibu bisa mencoba untuk bernyanyi, berkomunikasi dengan sang buah hati, atau memperdengarkan musik. Dan lihat responnya. Jika sudah berusia 3 bulan, bayi yang sehat akan melakukan gerakan seperti menendang.

Sementara itu, jika ibu menyinari dengan cahaya, bayi akan menghindar dari cahaya tersebut. Itulah mengapa sering kali ketika ibu memeriksakan kehamilan ke dokter anak, posisi janin akan memunggungi jika ada cahaya dari luar seperti ketika dokter melakukan pemeriksaan USG.

Hal-hal tersebut menarik untuk ibu ketahui. Jadi, tanda-tanda perkembangan janin seperti tersebut di atas harus ibu ketahui untuk memastikan sang buah hati sehat. Ibu harus rutin mengkonsumsi susu ibu hamil. Makanlah makanan yang sehat. Hindari fast food dan juga minuman berkarbonasi dan beralkohol.

Dan yang tak kalah penting, ibu harus rutin konsultasi kehamilan dengan tahu lebih jauh seputar perkembangan bayi mulai dari perkembangan organ tubuh serta berat badan bayi dalam kandungan. Karena hanya dengan memperhatikan pola makan yang baik serta rajin berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan, ibu tidak perlu was-was. Ibu bisa rileks dan menjalani masa kehamilan dengan sangat menyenangkan. Ikuti terus saran dari dokter atau bidan untuk memastikan tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*