Godaan bagi Ibu Rumah Tangga Ketika Menjaga Kehamilan Muda

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda itu tidak mudah khususnya bagi ibu rumah tangga. Ada banyak sekali godaan yang bisa menggoyahkan niatnya ketika ia fokus menjaga kesehatan saat hamil muda.

Jika saat ini ibu sedang mengandung baru beberapa minggu dan ibu termasuk ibu rumah tangga, perhatikan apa saja godaan yang sering dialami oleh ibu hamil seperti Anda.

Godaan Saat Kehamilan Muda

Tidak benar jika menganggap lebih sulit wanita karir untuk menjaga kehamilan. Memang ada yang bilang menjaga kehamilan muda saat bekerja itu susah. Namun, tidak berarti mudah bagi ibu rumah tangga untuk menjaga kesehatanya saat ia hamil muda.

Lihat saja apa yang menghantui ibu rumah tangga. Ketika ia harus berada di dalam rumah terus menerus dengan perut yang semakin hari semakin besar, mereka biasanya merasa bosan. Tidak ada kegiatan di luar rumah. Setiap hari mereka hanya membersihkan rumah, memasak, dan mencuci pakaian. Kebanyakan mereka merasa bosan dengan kegiatan tersebut .

Rasa bosan ini kelihatannya memang sepele. Tapi, siapa sangka rasa bosan biasanya berpengaruh pada mood sehingga seorang ibu hamil akan kehilangan nafsu makan. Jika hal ini tidak diantisipasi, bukan tidak mungkin nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilan muda dan juga kesehatan janin dalam kandungan tidak tercukupi.

Belum lagi dengan rasa malas. Rasa bosan biasanya diikuti dengan rasa malas. Ini merupakan salah satu godaan yagn tak terbantahkan. Sehari-hari ibu rumah tangga menonton TV saja. Rasa malas ini akan mempengaruhi kesehatannya. Pasalnya, jika rasa malas ini tidak segera dihilangkan, mereka akan kehilangan semangat untuk melakukan kegiatan seperti olahraga. Hasilnya, kondisi badannya lemah.

Ibu rumah tangga cenderung sering ngemil. Apalagi jika mereka sudah mengerjakan semua pekerjaan rumah. Jadi, mereka memiliki waktu luang untuk bersantai yang biasanya digunakan untuk menonton TV sambil ngemil.

Kebiasaan ini jelas tidak bagi bagi kesehatan ibu hamil muda. Memang selama masa kehamilan, ibu hamil akan merasa lebih sering lapar. Namun, bukan berarti ibu boleh mengkonsumsi cemilan. Dikhawatirkan cemilan yang dikonsumsi bisa mengakibatkan obesitas. Padahal, obesitas pada saat hamil itu jelas berbahaya, tidak hanya bahaya untuk janin tapi juga untuk ibu hamil itu sendiri.

Dari berbagai godaan tersebutlah, diperlukan antisipasi agar seorang ibu hamil bisa selalu menjaga kehamilan muda.

Cara Tepat Menjaga Kehamilan Muda

Jenuh dan bosan selalu menjadi permasalahan yang sering dialami oleh seorang ibu rumah tanggi yang sedang mengandung. Oleh karena itu, seorang ibu hamil harus pandai mengatur kegiatan.

Selain mengerjakan pekerjaan rumah, mereka juga sangat disarankan untuk bersosialisasi dengan ibu hamil lainnya. Mereka bisa berbincang dan saling bertukar informasi. Cara ini akan mengusir rasa bosan dan jenuh.

Bagi ibu rumah tanggi, mereka lebih banyak memiliki waktu luang untuk berinteraksi dengan ibu hamil lainnya. Apalagi sekarang ada forum ibu hamil online di mana mereka bisa berinteraksi secara virtual.

Selain itu, ibu hamil juga bisa membuat kegiatan seperti merekam masa-masa kehamilan. Ini adalah cara yang asyik. Secara tidak langsung, kegiatan ini efektif untuk mengusir rasa jenuh dan stress yang sekaligus juga cara menjaga kehamilan muda.

Ibu hamil bisa merekam setiap memori selama kehamilan seperti membuatkan blog khusus untuk sang buah hati, memfoto perkembangan kandungan, dan lain sebagainya. Saat ini banyak sekali cara untuk mengabadikan momen istimewa selama kehamilan. Dan kegiatan tersebut sangat menyenangkan sehinggga secara tidak langsung ibu sudah menerapkan cara menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*