Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Janin    

perkembangan janin https://www.facebook.com/ibudanbalita

 

Dalam menjaga perkembangan janin selama masa kehamilan, terdapat berbagai faktor yang harus diperhatikan oleh ibu hamil agar janin tetap sehat dan berkembang dengan baik. Faktor utama berasal dari ibu hamil sendiri sehingga kondisi ibu harus tetap fit dan sehat. Dalam artikel ini akan diberikan penjelasan lebih lanjut mengenai faktor lain yang harus diperhatikan oleh ibu hamil dalam masa kehamilannya.  

Perhatikan Gizi Makanan Ibu

Dalam mengkonsumsi makanan, ibu hamil harus memperhatikan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut karena sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin. Gizi makanan yang baik akan mempengaruhi besar, panjang dan kesehatan bayi. Dapat disimpulkan bahwa kualitas bayi yang lahir sangat berpengaruh pada gizi ibu hamil saat sebelum dan selama hamil. Ibu hamil perlu mencukupi gizi seperti protein yang merupakan salah satu gizi penting untuk pertumbuhan bayi. Kekurangan gizi penting pada bayi akan mempengaruhi kondisi bayi saat lahir dan terancam untuk lahir prematur.

Jaga Fisik dan Emosi Ibu

Ketika hamil, tentu terjadi beberapa perubahan fisik dan kondisi dari ibu. Aktifitas yang dilakukan sebelum hamil dan saat hamil pun harus dibedakan. Aktifitas fisik yang berat dan berlebihan dapat mempengaruhi perkembangan janin yang fatal seperti menyusutnya berat janin sampai keguguran yang dapat terjadi jika aktifitas berat tersebut dilakukan pada masa awal kehamilan. Untuk menghindarinya, ibu hamil sebaiknya melakukan aktifitas yang ringan dan usahakan untuk tidak stress. Pengaruh emosional pada ibu hamil akan berpengatuh pada perkembangan kejiwaan janin. Jika ibu hamil cenderung merasa marah dan emosinya tidak stabil akan mengakibatkan bayi yang dilahirkan menjadi perasa dan cengeng. Usahakan untuk menjaga emosi tetap stabil dengan melakukan aktfitas yang menyenangkan.

Perhatikan Penyakit yang Diindap Ibu

Kondisi fisik yang sehat sebelumnya telah dibahas bahwa sangat penting untuk diperhatikan ibu hamil karena kondisi fisik yang sehat akan mencegah penyakit yang dapat menyerang ibu hamil yang juga dapat mempengaruhi janin dalam kandungan. Penyakit yang diindap ibu dapat mempengaruhi pembentukan organ janin yang berada dalam kandungan yang dapat berakibat cacat atau tidak sempurna. Kematian pada bayi dalam kandungan juga merupakan akibat dari penyakit yang diindap oleh ibu hamil. Beberapa penyakit yang berpengaruh terhadap kondisi janin antara lain adalah, kolera, malaria, influenza dan sipilis.

Hindari Konsumsi Obat-obatan, Alkohol dan Rokok

Saat hamil, ibu dilarang untuk mengkonsumsi obat-obatan yang dapat mempengaruhi perkembangan janin. Hal ini harus dihindari terutama pada saat awal kehamilan. Obat-obatan seperti aspirin, obat malaria dapat mengakibatkan pertumbuhan organ tubuh janin tidak sempurna. Kematian bayi dalam kandungan juga dapat terjadi jika ibu mengkonsumsi alkohol yang dapat membuat bayi mengalami fetal alcohol syndrome. Selain alkohol, rokok dan narkotika juga dapat mempengaruhi berat badan bayi, sehingga bayi yang dilahirkan cenderung kecil. Maka untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dianjurkan kepada ibu hamil untuk menghindari 3 hal tersebut untuk menjaga perkembangan janin dan melahirkan bayi yang sehat dan sempurna.

Ternyata faktor yang mempengaruhi perkembangan janin berasal dari kondisi ibu hamil yang merupakan sumber nutrisi dari janin tersebut. Segala hal yang terjadi pada ibu hamil akan berpengaruh pada janin sehingga kondisi ibu hamil harus senantiasa dijaga dan pengawasan terhadap perkembangan janin juga rutin dilakukan agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*