Fakta tentang Koyo yang Tak Banyak Orang Ketahui

Fakta Tentang Koyo

Mungkin Anda akan kaget setelah tahu fakta tentang koyo berikut ini. Selama ini, kebanyakan orang hanya tahu bahwa koyo bisa mengatasi nyeri dan pegal-pegal. Namun, mereka tidak tahu hal-hal lain terkait dengan koyo.

Sebenarnya, koyo ini bukan obat nyeri yang baru. Orang di zaman dahulu sudah menggunakannya. Hanya saja, koyo di zaman dulu berbeda dengan di zaman sekarang. Yang pasti, koyo sekarang lebih praktis. Tinggal buka dan tempelkan. Panasnya masih terasa meskipun sudah lama dibuat.

Fakta Unik Mengenai Koyo

Kini, Anda punya dua pilihan koyo pereda nyeri dan pegal. Yang pertama koyo hangat. Dan yang kedua koyo panas. Hansaplast mengeluarkan dua jenis koyo supaya orang lebih bisa memilih mana koyo yang tepat untuk diri mereka masing-masing. Pasalnya, tidak semua orang berani menggunakan koyo yang panas. Apalagi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Koyo yang terlalu panas bisa sangat berbahaya.

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa fakta tentang koyo yang patut untuk Anda ketahui. Apa saja itu?

  1. Meredakan Nyeri Ringan

Koyo itu lebih tepatnya meredakan nyeri dan juga pegal-pegal yang sifatnya ringan. Makanya, untuk nyeri yang sudah cukup parah, penggunaan koyo saja tidak cukup. Harus ada terapi khusus yang dilakukan oleh seorang ahli.

Lalu, apa itu nyeri ringan? Ini seperti nyeri karena Anda terlalu capek setelah membawa barang-barang berat. Misalnya saja Anda sedang pindah rumah. Anda memindahkan banyak sekali perabot rumah tanggal. Otomatis, Anda akan merasa nyeri di bagian tubuh tertentu, seperti pinggang dan kaki.

Nyeri ringan lainnya terjadi setelah melakukan olahraga. Ini hal yang wajar sekali. Karena ketika Anda olahraga, otot menjadi tegang dan nyeri akan terasa. Anda bisa meredakan nyeri tersebut dengan menempelkan koyo pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

Jadi, Anda harus ingat fakta tentang koyo yang satu ini. Bahwasanya koyo meredakan nyeri ringan saja.

  1. Memanipulasi Otak

Banyak yang meragukan bahwa koyo itu mampu meredakan nyeri. Mereka ragu karena bagaimana bisa koyo yang ditempelkan di luar bisa meredakan otot yang menegang di bagian dalam.

Sebenarnya, jawaban atas pertanyaan tersebut sangat mudah. Anda bisa menjawab dengan cara menjelaskan adanya kandungan yang meresap melalui kulit menuju ke otot. Kandungan tersebut dinamakan dengan mentol dan juga metil salisilat. Inilah kandungan yang meredakan nyeri.

Namun, satu fakta mengenai koyo yang juga harus Anda ketahui. Sebelum kandungan dalam koyo meresap, koyo lebih dahulu memanipulasi otak. Caranya, koyo akan mengeluarkan hawa yang panas. Saat itulah otak akan termanipulasi. Otak akan mengirimkan pesan ke tubuh bahwa ada hawa panas. Saat itulah otak lupa mengirimkan pesan bahwa ada rasa nyeri di otot bagian tubuh tertentu.

Nah, saat otak termanipulasi, maka Anda tidak lagi merasa nyeri. Karena pada dasarnya semua hal yang Anda rasakan itu tergantung pada apa yang disampaikan oleh otak Anda. Jadi, koyo sebagai pereda nyeri tidak hanya berasal dari kandungannya saja. Tapi juga adanya proses manipulasi pada otak.

  1. Menghilangkan Nyeri di Gigi

Selain meredakan nyeri pada punggung, kaki, dan tangan, koyo juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi. Anda bisa lihat banyak orang yang sakit gigi menempelkan koyo pada bagian yang mengarah ke gigi, bukan?

Apakah itu benar-benar bisa menghilangkan nyeri pada gigi? Bisa sekali. Cara kerjanya sama. Rasa panas muncul dan memanipulasi otak agar tidak lagi menyampaikan pesan ke tubuh bahwa ada rasa nyeri di gigi. Rasa nyeri tersebut tertutupi dengan rasa panas yang muncul setelah koyo ditempelkan.

Itulah beberapa fakta seputar koyo yang patut Anda ketahui. Apakah ada fakta lain? Tentu saja banyak. Hanya saja, untuk tiga hal tersebut, sepertinya itu fakta yang sebaiknya Anda ketahui. Mungkin Anda pun bisa membagikan fakta tersebut kepada orang lain, terutama teman Anda yang tidak percaya kalau koyo bisa meredakan nyeri.

Jangan Asal-Asalan Menggunakan Koyo

Pereda Nyeri Otot

Menggunakan koyo sebenarnya mudah. Tinggal buka cover­-nya lalu tempelkan koyo pada bagian yang terasa nyeri. Sangat simple. Namun, apakah koyo benar-benar bisa meredakan nyeri tersebut? Bisa jika Anda tempelkan secara sempurna. Makanya, jangan asal tempel saja. Anda perlu tahu bagaimana agar koyo benar-benar efektif menghilangkan nyeri.

Yang pertama, Anda harus bersihkan kulit yang akan ditempeli dengan koyo. Ini penting agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalam pori-pori ketika koyo sudah ditempelkan. Pastikan kulit tersebut kering.

Yang kedua, tempelkan dengan cara menekan koyo kurang lebih 1 menit. Biarkan koyo benar-benar menempel sampai tidak ada ruang di mana udara masuk.

Yang ketiga, bersihkan tangan Anda setelah menempelkan koyo. Sedikit banyak, ada kemungkinan bahan utama koyo seperti mentol dan metil salisilat menempel pada tangan Anda. Dan jika itu tertelan ketika Anda gunakan tangan untuk makan, maka itu bisa berbahaya. Makanya, setelah menempelkan koyo, langsung cuci tangan Anda dengan sabun. Bilas dengan air mengalir.

Itulah itu beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Fakta tentang koyo ini semoga membuat Anda benar-benar tahu bahwa ini sangat efektif. Anda tidak lagi menggunakan koyo karena ikut-ikutan. Melainkan Anda tahu alasan ilmiahnya mengapa koyo bisa meredakan nyeri dan juga pegal-pegal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*