Daging Memang Mengandung Gizi Ibu Hamil, Tapi Ketahui Juga Efek Buruknya

gizi ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Gizi ibu hamil terkandung di dalam daging seperti daging sapi dan daging ayam. Itulah mengapa banyak pakar kesehatan yang menyarankan agar setiap ibu yang sedang mengandung harus mengkonsumsi daging. Hal ini dikarenakan kandungan gizinya sangat lengkap di dalam daging tersebut.

Coba ibu sebutkan apa saja gizi ibu hamil yang paling dibutuhkan? Apakah protein? Kandungan protein tinggi ada di dalam daging sapi. Bagaimana dengan vitamin? Ternyata, vitamin B3 dan B6 juga ada di dalam daging. Itulah mengapa daging sering disebut sebagai salah satu makanan ibu hamil. Hal ini dikarenakan gizi ibu hamil lengkap di dalam daging tersebut.

Terlepas dari itu semua, ibu juga harus tahu sisi buruk yang bisa ditimbulkan. Harus dipahami juga ada potensi buruk yang bisa terjadi ketika ibu mengkonsumsi daging pada saat hamil. Apa saja efek buruk yang bisa terjadi?

Yang perama adalah keracunan. Bagaimana bisa keracunan? Ternyata daging sapi atau daging ayam bisa memicu ibu mengalami keracunan. Hal ini bisa terjadi jika daing yang ibu pilih tidak dimasak benar-benar matang. Ibu harus tahu bahwa ada bakteri yang ada di dalam daging. Bakteri tersebut bisa bertahan walaupun daging sudah digoreng atau dibakar. Bakteri akan mati jika daging dimasak benar-benar matang.

Jadi, selain mengandung gizi ibu hamil, ibu sekarang tahu ada juga bakteri di dalam daging sapi atau daging ayam. Itulah mengapa ibu mulai sekarang sebaiknya menghindari sate. Pasalnya, daging yang diolah menjadi sate itu tidak dimasak benar-benar matang sehingga ada potensi di mana bakteri masih hidup dan bisa mengakibatkan ibu keracunan.

Lebih dari itu, jika bakteri akhirnya masuk ke rahim melalui plasenta, hal tersebut bisa sangat membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan, bukan? Oleh sebab itu, hindari daging yang diolah atau dimasak tidak begitu matang seperti contoh sate.

Efek buruk yang mungkin ditimbulkan dari daging sapi atau daging ayam yang kedua adalah toksoplasma. Apakah ibu tahu apa itu toksoplasma? Ini merupakan salah satu keluhan yang harus mendapatkan penanganan secara serius. Pasalnya, toksoplasma ini bisa sangat memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan janin di dalam kandungan.

Salah satu penyebab toksoplasma adalah mengkonsumsi menu makanan daging yang tidak dimasak secara matang. Terlepas daging tersebut mengandung gizi ibu hamil yang lengkap, tetap saja daging tersebut bisa mengakibatkan bencana jika tidak dimasak secara matang.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang toksoplasma, ibu mencari tahu semua hal yang menjadi penyebab toksoplasma selain mengkonsunsi daging yang tidak dimasak benar-benar matang. Lebih dari itu, ibu juga sebaiknya memperkaya wawasan seputar gizi ibu hamil yang bisa menyembuhkan penyakit ini.

Sekarang ibu sudah tahu dua sisi dari daging, bukan? Daging memang mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Tapi, daging juga bisa bisa menjadi penyebab beberapa penyakit saat hamil.

Untuk itu, pastikan ibu memasang daging benar-benar matang agar sudah tidak ada lagi kandungan yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Selain itu, sebaiknya ibu menghindari daging olahan. Hal ini dikarenakan kebanyakan daging olahan sudah dicampur dengan bahan-bahan yang kurang sehat. Alangkah lebih baik jika ibu membeli daging segar dan mengolahnya sendiri di rumah. Hal ini untuk memastikan menu makanan yang ibu buat benar-benar sehat dan mengandung gizi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*