Cara Mudah Menjaga Kesehatan Wanita Hamil Hingga Masa Persalinan Tiba

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil harus benar-benar dijaga. Setidaknya, ada dua motivasi penting agar ibu selalu mengingat bahwa kesehatan pada saat mengandung seperti saat ini sangatlah penting. Yang pertama, motivasi untuk memiliki bayi yang sehat. Yang kedua, motivasi agar bisa melahirkan normal, bukan melalui operasi Caesar.

Pasti semua ibu memiliki dua motivasi tersebut di atas. Untuk itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Dalam hal ini, menjaga kehamilan itu bukan berarti seperti hidup di penjara di mana ada banyak sekali larangan seperti larangan mengkonsumsi jenis makanan yang lezat dan larangan beraktivitas yang menyenangkan.

Kali ini, ibu akan tau ternyata menjalani masa kehamilan itu sangat mengasyikkan. Jiak tidak ingin merasa terkengkang, perhatikan info seputar kesehatan wanita hamil berikut ini.

Ikuti Forum Ibu Hamil

Kunci utama agar ibu selalu bersemangat dalam menjalani masa kehamilan adalah bertemu dan berinterkasi dengan komunitas. Dalam hal ini, ibu sangat disarankan agar bergabung dengan komunitas atau forum ibu hamil online. Di sana, ibu bisa saling bercerita tentang pengalaman selama kehamilan. Di forum tersebut, ibu juga akan mendapatkan banyak sekali informasi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan wanita hamil.

Yang jelas, dengan mengikuti forum tersebut, ibu mendapatkan teman yang merasakan hal yang sama, yaitu mengandung sang buah hati. Jadi, ibu akan semakin bersemangat karena memiliki teman yang berjuang menjaga kesehatan janin dalam kandungan.

Memasak Menu Makanan Sendiri

Mungkin ini yang sering dianggap merepotkan. Tapi siapa sangka jika memasak menu makanan sendiru itu menyenangkan.

Bagi ibu yang menganggap memasak itu merepotkan, itu dikarenakan ibu tidak tahu banyak sekali menu masalah sederhana yang sangat lezat, bergizi, dan baik untuk wanita hamil. Ada banyak sekali jenis sayuran yang ada di Indonesia seperti bayam, kangkung, wortel, dan lain sebagainya yang bisa diolah menjadi makanan enak. Sayuran tersebut kaya akan gizi ibu hamil.

Selain itu, memasak juga akan membuat ibu lebih rileks. Dan memasak merupakan aktivitas ringan namun bisa menjaga kebugaran tubuh selama kehamilan.

Mungkin selama ini ibu sangat sibuk dengan pekerjaan dan kemudian ibu memasan catering. Namun, apakah ibu bisa memastikan makanan tersebut bagus untuk ibu hamil? Hindari fast food karena makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan wanita hamil.

Mengikuti Yoga

Yang paling sering dikeluhkan para ibu hamil adalah stress. Apalagi bagi wanita karir yang sedang mengandung, tingkat stress lebih tinggi. Selain harus mengharapi pekerjaan menumpuk, dikejar deadline, dan menanggapi komplain dari pelanggan, wanita karir juga stress karena harus menjaga kesehatan janin dalam kandungan.

Untuk meng-handle stress, ibu bisa mengikuti Yoga. Tidak perlu terlalu sering. Cukup satu kali dalam satu minggu atau dua kali dalam satu bulan jika memang ibu sangat susah sekali meluangkan waktu.

Jalan Santai

Cara yang paling mudah dan paling efektif untuk menjaga kesehatan wanita hamil adalah jalan santai. Ibu tidak perlu meluangkan banyak waktu. Ibu cukup berjalan santai di sekitar rumah 5-10 menit setiap hari. Akan lebih semangat lagi jika ibu mengajak sang suami untuk menemani kegiatan ini.

Hamil merupakan anugerah, bukan musibah. Jika ibu merasa terbebani, berarti ibu merasa bahwa hamil adalah musibah. Dengan menerapkan cara tersebut di atas, ibu akan merasakan menjadi ibu hamil merupakan anugerah yang terbesar. Untuk merasakan anugerah tersebut, ibu bisa terapkan cara menjaga kesehatan wanita hamil di atas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*