Cara Menjaga Kehamilan yang Sulit Dilakukan

cara menjaga kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Cara menjaga kehamilan sebenarnya sangat sederhana. Intinya adalah menciptakan lingkungan yang sehat. Sayangnya, hal ini sangat sulit dilakukan. Kenapa demikian?

Ibu bisa lihat saja banyak sekali polusi udara. Apalagi jika ibu tinggal di daerah perkotaan besar atau bahkan kawasan industri. Sangat sulit sekali mendapatkan udara yang bersih.

Dan yang paling parah adalah sulitnya menghindari polusi udara yang disebabkan oleh perokok. Di Indonesia, hanya sebagian kecil saja perokok yang menghargai hak orang lain yang tidak merokok. Dalam hal ini, menghargai artinya memberikan ruang yang diinginkan oleh orang yang tidak merokok.

Ibu bisa lihat betapa santainya orang menyulut rokoknya di ruang publik walaupun di sana ada ibu hamil. Ia merasa tidak ada yang salah dan baik-baik saja jika ia merokok. Padahal, bahaya sekali jika seorang wanita hamil menghirup asap rokok walaupun ia bukanlah perokok.

Hal ini berbeda sekali dengan budaya orang Yahudi. Orang Yahudi akan langsung mematikan rokoknya jika ia berada bersama wanita hamil. Bahkan, sekalipun ia tidak kenal wanita hamil tersebut, ia tetap mematikan rokok,. Hal tersebut dikarenakan kesadaran bahwa ada hal yang harus diberikan kepada orang lain yang tidak merokok. Mereka tahu merokok itu tidak baik bagi kesehatan. Namun, jika ia merokok dan menyadari hal tersebut, ia tidak ingin membuat kesehatan orang lain terganggu.

Kapan kesadaran seperti ini ada di masyarakat kita? Sampai sekarang sepertinya belum ada sehingga menciptakan lingkungan yang sehat itu merupakan cara menjaga kehamilan yang sangat sulit.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*