Cara Menjaga Kehamilan Sekaligus Mencegah Bayi Lahir dengan Penyakit Jantung Bawaan

cara menjaga kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita

Cara menjaga kehamilan sudah dibahas diberbagai jurnal kesehatan atau website kesehatan ibu hamil. Ibu tinggal membaca, mengikuti update terbaru info kesehatan ibu hamil, dan mempraktekkan.

Namun, apakah ibu sudah tahu bagaimana cara menjaga kehamilan agar bayi tidak lahir dengan penyakit jantung bawaan? Informasi berikut ini patut untuk diketahui jika ibu atau orang tua ibu memiliki riwayat penyakit jantung. Mencegah bayi ibu lahir dan dewasa sebagai penderita penyakit jantung itu bukan hal yang tidak mungkin. Dan jika resiko itu ada pada calon bayi ibu, bukankah akan lebih baik jika ibu melakukan pencegahan daripada mengobati?

Cara Mencegah Bayi Lahir Sebagai Penderita Penyakit Jantung

Yang pertama, ibu harus rajin berkonsultasi dengan dokter kandungan. Ini merupakan cara klise dan sering ibu dengarkan, bukan? Tapi memang benar penting sekali untuk melakukan konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan secara rutin. Hal ini dikarenakan dengan konsultasi lah ibu bisa tahu apakah ada hal-hal buruk yang mungkin terjadi pada ibu dan juga janin dalam kandungan atau tidak.

Yang kedua, mengurangi resiko janin terkena penyakit jantung bawaan. Jika ibu memiliki riwayat terkena penyakit jantung atau salah satu atau bahkan kedua orang tua ibu memiliki penyakit jantung, mencegah munculnya gejala penyakit jantung itu menjadi salah satu cara menjaga kehamilan yang paling tepat.

Yang harus dipahami bahwa menghindari gejala penyakit jantung tidak hanya baik untuk perkembangan janin tapi juga kesehatan ibu hamil. Hindari mengkonsumsi kopi, terapkan pola hidup yang sehat, jangan terlalu sering begadang, dan rileks agar tidak stress merupakan beberapa cara yang disarankan dokter untuk menghindari gejala penyakit jantung.

Yang ketiga, ibu harus menghindari penyinaran Rontgen. Apakah ibu mengalami permasalah kesehatan sehingga harus dilakukan Rontgen? Tentu saja tidak masalah jika hanya sekali atau dua kali saja. Yang menjadi masalah jika kondisi kesehatan ibu mengkhawatirkan sehingga ibu harus sering melakukan tes Rontgen. Ini yang berbahaya bagi perkembangan janin.

Makanya penting sekali seorang ibu tahu bagaimana cara menjaga kehamilan. Konsepnya sangat sederhana. Jika tubuh ibu sehat, maka kesehatan janin dalam kandungan juga bisa terjamin. Sebaliknya, jika ibu sering sakit-sakitan dan bahkan ibu harus melakukan tes Rontgen secara rutin, bisa saja bayi yang ibu lahirkan nanti terkena penyakit jantung.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang cara menjaga kehamilan agar si kecil tidak terkena penyakit jantung bawaan, ibu bisa datang untuk konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan. Namun, yang pasti, tiga hal tersebut di atas harus ibu perhatikan betul-betul.

Dan satu lagi yang tidak boleh terlewatkan. Sebisa mungkin ibu harus menjauhi orang-orang yang merokok. Hal ini dikarenakan asap rokok juga akan meningkatkan resiko janin dalam kandungan terkena penyakit jantung.

Artikel ini bisa ibu jadikan panduan cara menjaga kehamilan yang singkat untuk mencegah penyakit jantung pada janin. Tentu saja banyak faktor lain lagi yang harus ibu ketahui. Yang jelas, ibu tidak boleh absen untuk berkonsultasi dengan dokter. Semakin rutin ibu konsultasi kehamilan dengan dokter berarti semakin cepat pula ibu tahu tentang perkembangan janin. Namun, yang paling penting adalah dengan konsultasi tersebut, ibu bisa melakukan pencegahan terhadap hal-hal buruk yang mungkin terjadi pada janin, terutama mencegah penyakit jantung. Silakan share atau bagikan info tentang cara menjaga kehamilan kepada teman yang membutuhkan.

Link :

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*